Rabu, 07 Juni 2017

AL-FATIHAH DAN “DOA BAPAK KAMI”

AL-FATIHAH DAN “DOA BAPAK KAMI” (10)
 
Sejak awal renungan-renungan ini mengenai Isa Al-Masih dan Al-Fatihah, kami ingin mempertimbangkan semua namanya. Seperti dikatakan dulu salah satu namanya: ad-Du'au (Do'a). 
 
Berapa Permohonan dalam Al-Fatihah?
 
Biasanya dalam doa ada permohonan. Hanya ayat ke enam Al-Fatihah merupakan permohonan: "Tunjukilah kami jalan yang lurus." Inilah permohonan yang cukup berbobot! Cocok kalau Al-Fatihah disebut ad-Du'au
 
Doa “Bapa Kami”
 
Isa Al-Masih memberi doa "Bapa Kami": "Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat" (Injil, Rasul Besar Matius 6:9-13). 
 
Semoga kita ingat, yang terpenting ialah keadaan hati kita pada waktu berdoa: "Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah" (Kitab Mazmur [Zabur] 51:19).
 
(Silakan mengirimkan pertanyaan Anda lewat email ke: masukan@idionline.info atau SMS ke: 0812-8100-0718.)
Wassalam!
 
Staff, Isa dan Islam
"Tunjukilah kami jalan yang lurus . . ." (Al-Fatihah 6)
Sabda Isa kepadanya, "Akulah jalan . . . " (Injil, Rasul Yahya 14:6)  

Tidak ada komentar: