Rabu, 21 Juni 2017

AKU INGIN MENIKAH!

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- RABU, 7 JUNI 2017

AKU INGIN MENIKAH!

Xiaoma adalah seorang Muslim dari suku Hui yang berusia 19 tahun di China Utara. Kebanyakan para pria Hui diharapkan untuk menikah pada usia ini, tetapi Xiaoma menghadapi dilema: bagaimana ia akan membayar maharnya? Keluarganya memiliki sebuah toko makanan tradisional kecil yang menjual kue putih seharga ¥ 0,80 (10 p) per roti. Dia berpikir berapa banyak roti harus dijual untuk memenuhi mahar pengantinnya.

Ayah Xiaoma ini memprakarsai sebuah rencana/usulan atas namanya. Keluarga pengantin wanita meminta ¥ 50.000. Itu berarti mereka harus menjual 62.500 kue putih! Menurut adat, ia juga perlu menyediakan "tiga emas, satu mobil!" yaitu satu set anting-anting, kalung dan gelang emas, ditambah sebuah mobil. Tahun lalu, sepeda motor adalah hadiah yang diharapkan, sekarang hadiah itu adalah mobil! Selain itu, pesta pernikahan seorang China Muslim akan berlangsung selama tiga hari berikut dengan semua makanan dan minuman yang harus disediakan! Total biaya mahar dan pernikahan adalah lebih dari ¥ 100.000! Xiaoma berpikir bahwa dia tidak akan mampu untuk menikah.

Namun, lama sebelum itu, Xiaoma telah mengumumkan tanggal pernikahannya. Saya pergi untuk menghadirinya. Melihat kerabat dan teman-temannya datang untuk mengucapkan selamat kepadanya, saya menjadi agak penasaran, lalu saya bertanya kepadanya bagaimana caranya sampai ia bisa mengatur semuanya ini dan berakhir dengan bahagia?

Dia mengatakan kepada saya bahwa ayahnya harus meminjam uang dari teman dan kerabat. Kemudian, dia menjual toko kue putih. Xiaoma juga mendapat pinjaman untuk menyewa mobil dan melengkapi persyaratan mas kawin. Setelah pernikahan, pengantin baru itu akan pindah ke China Selatan dan memulai bisnis di sana untuk membayar kembali pinjaman dan utang. Dengan penuh kegembiraan, ia terus menjelaskan mimpinya, "Saya akan menghemat uang untuk membeli rumah untuk istri dan anak-anak saya, kemudian meminta orangtua saya untuk tinggal bersama kami!" Tak lama setelah pernikahan itu, saya mendengar pengantin baru itu pindah ke selatan. Dan, bagaimana dengan mobil sport yang penting? Dijual.

Mari kita berdoa:

- Bagi kaum Muslim di China Utara yang hidup dalam kemiskinan dan sering terjerat utang untuk menikah dan berkeluarga.

- Banyak orang Muslim China percaya bahwa pria harus menikah pada usia 19 tahun; gadis yang belum menikah hingga usia 16 tahun dapat dipandang rendah. Doakanlah agar orang-orang muda akan menemukan nilai/martabat mereka di mata Tuhan.

- Supaya pernikahan di kalangan orang Hui diberkati dan orang-orang muda tidak merasa tertekan untuk menikah di bawah beratnya tuntutan adat dan pandangan masyarakat.

Tidak ada komentar: