40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- JUMAT, 19 JULI 2013

Muslim Shaikh India yang Berbahasa Konkani

Terdapat lebih dari 200 juta Muslim Shaikh di seluruh dunia dan lebih dari sepertiganya tinggal di India. Sebagian besar lainnya tinggal di Pakistan dan Bangladesh. Muslim Shaikh merupakan bagian terbesar dari populasi Muslim Suni di dataran tinggi Deccan, India Tengah. Konkani adalah bahasa resmi di negara bagian India, Goa. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa orang Muslim Shaikh, yang berbahasa Konkani, pada umumnya tinggal di sepanjang kawasan pantai antara Mumbai dan Goa di India Barat. Jumlah keseluruhan populasi mereka sekitar 2 juta orang.

Awalnya, istilah 'Shaikh' dikenakan hanya bagi keturunan Arab asli. Sekarang, istilah itu digunakan untuk menunjuk pada orang-orang Islam di India bagian Tengah dan Selatan, yaitu mereka yang beralih dari keyakinan Hindu kasta tinggi di India bagian Utara melalui usaha utusan-utusan Islam Sufi.

Kadang kala, komunitas Shaikh India tampak sangat berbeda dari orang-orang Muslim lain di sekitar mereka, tetapi mereka lebih sering membaur. Dengan demikian, akan sangat sulit untuk membeda-bedakan berbagai kelompok kecil Shaikh yang ada. Namun, awalnya perbedaan bahasa wilayah menolong untuk mengenali dari mana kelompok mereka.

Pada dasarnya, orang-orang Shaikh adalah Muslim Suni, meskipun yang mereka praktikkan bisa jauh dari yang Ortodoks. Secara keseluruhan, Islam di India menyerap unsur-unsur mistisisme yang kuat. Pemujaan kepada orang-orang suci Muslim merupakan hal yang sangat umum, dan hiasan yang berlebihan pada kuburan-kuburan bahkan sangat menarik bagi orang-orang Hindu. Di kuburan orang-orang suci itulah biasa dilaksanakan peribadahan, dengan memainkan musik dan melantunkan nyanyian pemujaan. Rasa kesetiaan sangat dihayati secara mendalam, hingga pada tingkat yang lebih luas lagi, ajaran-ajaran Sufi telah mengarah pada universalisme -- suatu pemahaman bahwa semua jalan yang ditunjukkan oleh agama-agama pada akhirnya menuju kepada Allah juga.

Tidak ada Alkitab atau literatur Kristen versi Shaikh dalam Bahasa Konkani, meskipun telah tersedia Alkitab dalam Bahasa Konkani tradisional. Beberapa orang Shaikh berbahasa Urdu atau Hindi, dan telah ada Alkitab dan film "Yesus" dalam kedua bahasa itu.

POKOK DOA

1. Berdoalah agar Tuhan berkenan menyiapkan para pekerja untuk pergi ke desa-desa nelayan dan memberitakan Yesus di antara orang-orang Shaikh yang berbahasa Konkani.

2. Berdoalah untuk orang-orang percaya yang ada sekarang agar mereka bertumbuh dalam kasih karunia dan pengenalan akan Yesus Kristus, dan supaya mereka memiliki keberanian untuk membagikan iman meskipun ada tekanan.

3. Berdoalah agar orang-orang percaya yang ada sekarang diperlengkapi sehingga sanggup memuridkan petobat baru dari antara komunitas Shaikh Konkani.