Selasa, 16 Juli 2013

Mengapa Pelayanan Radio Sangat Penting di Dunia Muslim?

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SELASA, 16 JULI 2013

Mengapa Pelayanan Radio Sangat Penting di Dunia Muslim?

Mengapa radio dipandang sebagai peranti yang penting dalam sarana penyajian iman Kristen, meskipun saat ini, isi audio atau video dapat dikirimkan ke komputer melalui kabel atau sinyal tanpa kabel? Sederhana saja, radio memiliki kemampuan yang unik untuk mengirimkan pesan secara efisien, tidak dapat ditolak, dan murah bagi sebagian besar manusia di dunia, terlepas dari status ekonomi mereka, tingkat pendidikan, maupun lokasi geografisnya.

Sebagai contoh, orang-orang Kristen di Asia Tengah dikekang imannya. Para misionaris asing pun sudah diusir ke luar dari kawasan-kawasan tertentu. Akan tetapi, tokoh gereja lokal masih tetap bertumbuh dan sebagian besar karena pengaruh pengajaran lewat radio. Di Afrika Utara, radio ada di seluruh kawasan sehingga memungkinkan orang-orang yang ada di pedesaan maupun di perkotaan, yang buta huruf ataupun yang melek huruf, dapat menerima dan memahami program-program siaran rohani dalam bahasa mereka. Radio juga merupakan solusi yang cocok saat menghadapi kendala yang berkaitan dengan tulisan yang dipakai. Sebagai contoh, di Turkmenistan, generasi tua selalu memakai huruf dari alfabet Cyrillik, sedangkan generasi mudanya terbiasa dengan huruf Latin. Orang-orang Turkmenistan yang berada di negeri asing membaca dalam Bahasa Arab atau Farsi, atau dalam bahasa negara di mana mereka tinggal. Namun begitu, siaran radio memungkinkan mereka mendengarkan Injil dalam bahasa yang mereka pakai/tuturkan.

Dunia Islam penuh dengan keberagaman budaya, membentang dari Afrika hingga Asia. Orang Moroko hidup dalam suatu konteks yang sama sekali berbeda dari orang Suriah atau seseorang yang tinggal di Indonesia. Pelayanan radio dapat mempertimbangkan perbedaan dan nuansa budaya ketika membuat isi program siaran. Dan, karena sering terjadi merosotnya pasokan listrik di kawasan padang pasir dan pegunungan, radio yang memakai tenaga matahari menjadi sangat penting dalam siaran pengajaran Alkitab.

Gelombang radio dapat melintasi segala batasan dan mencapai tempat-tempat yang tidak bisa dikunjungi para misionaris tradisional, dan tempat-tempat yang di dalamnya begitu sulit mendapatkan bahan-bahan pelajaran Alkitab dalam bentuk cetak. Dengan cara demikian, pelayanan melalui siaran radio memainkan peranan mendasar dalam mencapai dunia Islam bagi Kristus. Siaran radio juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan metode-metode penjangkauan lainnya.

POKOK DOA

1. Berdoalah agar ada lebih banyak pelayanan yang menjawab tantangan akan kebutuhan siaran radio.

2. Berdoalah agar program-program radio dapat menjawab kebutuhan nyata para pendengarnya.

3. Berdoalah agar para produser radio lokal diteguhkan dan dilindungi.

4. Berdoalah bagi mereka yang sungguh mencari kebenaran agar mereka dapat belajar mengenal Kristus dan bertumbuh dalam Dia.

Tidak ada komentar: