Rabu, 17 Juli 2013

MUSLIM DI METRO VANCOUVER

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- RABU, 17 JULI 2013

Muslim di Metro Vancouver: Gelombang Pasang

Sebagai kota pantai yang indah di British Columbia, Vancouver merupakan pelabuhan dan kota terbesar ketiga di Kanada. Barisan pegunungan utaranya menjadi kawasan olahraga ski yang membanggakan, dan mendukung kota tersebut memenangkan tawaran menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2010. Metro Vancouver merupakan salah satu kota di Kanada yang paling beragam penduduknya secara etnis dan bahasa. Menurut sensus 2006, 40 persen penghuninya tidak memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka. Imigran-imigran Muslim sudah terlihat ada di Vancouver sejak tahun 1931. Pada awal tahun 1970-an, beberapa kelompok Muslim yang lebih besar jumlahnya datang dari Afrika. Pada tahun 1980, hanya ada satu lokasi untuk bersembahyang/salat Jumat di Metro Vancouver. Hari ini, sudah ada lebih dari 15 lokasi utama. Sensus Kanada tahun 2001 menunjukkan bahwa Metro Vancouver berpenduduk 1,99 juta, dan populasi Muslim sebanyak 52.600 orang. Sedangkan sensus tahun 2006 menunjukkan ada 2,1 juta penduduk, dan diperkirakan ada 90.000 orang Muslim (sensus 2006 bukan menyurvei agama). Pertumbuhan populasi Muslim yang cepat terkait dengan peningkatan jumlah imigran, pemukiman pengungsi, dan tingkat kelahiran yang tinggi.

Saat ini, ada banyak orang Muslim kelahiran Kanada yang bercampur dengan pendatang-pendatang dari India, Afrika Timur, Irak, Mesir, Asia Tengah, Fiji, Afganistan, Bosnia, Sri Lanka, Amerika, Indonesia, Britania, dan lain-lain. Dua kelompok terbesar adalah Kelompok Punjabi dan Kelompok Iran. Selain itu, lebih dari seribu mahasiswa dari Saudi Arabia setiap tahunnya datang ke Vancouver untuk belajar, sebagai bagian dari program beasiswa khusus yang diselenggarakan oleh pemerintah Saudi Arabia, semenjak tahun 2007. Selama bulan Ramadan, ratusan mahasiswa berkumpul di masjid-masjid Vancouver untuk berbuka puasa, salat Tarawih, dan mengadakan perenungan Ramadan. Sebagian besar mahasiswa ini berusia 20 tahunan, banyak di antara mereka memperoleh pengalaman pertama Ramadan di luar tanah kelahirannya. Berada di dalam sebuah masjid di Vancouver sedikit seperti berada di forum perhimpunan antarbangsa. Umumnya, masyarakat sudah biasa melihat berkumpulnya orang Muslim dari berbagai macam negara dan mengadakan sembahyang/salat bersama.

POKOK DOA

1. Berdoalah untuk komunitas-komunitas Kristen di sana agar mereka menunjukkan kasih kepedulian dan bersedia membantu mereka yang datang sebagai pengungsi atau imigran di Vancouver.

2. Berdoalah bagi komunitas-komunitas Kristen agar mereka mencari pimpinan dan hikmat Tuhan untuk dapat berinteraksi dengan orang-orang Muslim (Amsal 13:14).

3. Berdoalah bagi generasi muda Muslim agar mereka aktif mencari Yesus Kristus di tengah-tengah kota metropolis yang beragam ini.

Tidak ada komentar: