Minggu, 21 Juli 2013

Doa untuk Perubahan dan Kebijakan di Bethlehem

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- MINGGU, 21 JULI 2013

Doa untuk Perubahan dan Kebijakan di Bethlehem

Mungkinkah suatu saat nanti di Bethlehem, tempat kelahiran Yesus, sama sekali tidak akan ada lagi orang Kristen yang sungguh beriman? Situasinya memang belum seburuk itu, tetapi kecenderungannya mengarah ke sana. Jumlah orang Kristen di antara penduduk yang ada di wilayah Palestina, termasuk di dalamnya Gaza, diperkirakan lebih sedikit dari 1 persen. Jauh lebih banyak jumlah orang Kristen Palestina yang tinggal di luar negeri. Tekanan berat yang dialami oleh orang Kristen di Tanah Suci, menyebabkan banyak dari antara mereka yang lari ke luar negeri.

Tekanan ini datang dari berbagai arah. Seorang pendeta setempat berkata, "Ada unsur politik. Sebagai orang Kristen, kami ingin hidup di suatu negara yang damai, tetapi di Timur Tengah tidak terlihat adanya perdamaian. Revolusi "Arab Spring" yang terjadi di negara-negara sekitar tidak mampu menciptakan keyakinan akan adanya masa depan yang damai. Secara ekonomi, kami juga hilang pengharapan. Kurang lebih 40 persen orang Kristen Palestina tidak bekerja karena hanya tersedia sedikit sekali lapangan pekerjaan. Dan, yang penting untuk diketahui, orang-orang Kristen merupakan penduduk minoritas dalam masyarakat di sini. Secara rohani, kami dikelilingi oleh dua agama besar yang tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Dalam pandangan mereka, kami dianggap 'kafir'. Karena itu, kami sering menjadi bahan cemoohan dan pelecehan. Bukan hanya itu, gereja-gereja lokal sungguh berkecil hati karena merasa terpisah dari gereja-gereja di seluruh dunia."

Namun, pengharapan masih ada. Berbagai gereja dan program yang dijalankan oleh orang-orang Kristen masih berjalan di berbagai kawasan Palestina. Anda bisa bekerja secara bebas di antara orang-orang Kristen tradisional. Namun, bekerja di antara orang Muslim terasa lebih menantang, dan gereja harus bertindak bijaksana. Akan tetapi, banyak orang datang dan percaya kepada Yesus Kristus. Sebuah gereja Injili di Yerusalem mengalami pertumbuhan dari 5 menjadi 56 keluarga. Gembala mereka berkata, "Kami telah melihatnya dan dapat memberi kesaksian bahwa di sini, Tuhan menyelamatkan banyak orang dan mukjizat terjadi pada hari ini."

"Terima kasih untuk doa-doa yang Anda panjatkan. Kami masih rindu untuk dapat melihat suatu panen yang besar di sini, dan banyak di antara kami percaya bahwa itu akan segera terjadi." (mitra kerja setempat dari 30 Hari Doa)

POKOK DOA

1. Berdoalah agar Tuhan berkenan menguatkan orang-orang Kristen di kawasan Palestina untuk menjadi "garam dan terang" bagi lingkungan mereka (Yesaya 41:10).

2. Berdoalah agar perlindungan Tuhan dinyatakan bagi mereka yang telah percaya kepada Yesus Kristus dari latar belakang Muslim. "... lepaskan kami dari pada yang jahat." (Matius 6:13-14)

3. Berdoalah agar Tuhan memberikan hikmat kepada para gembala untuk memuridkan orang-orang Kristen yang berlatar belakang Muslim. Berdoalah bagi Tubuh Kristus secara umum agar menemukan berbagai cara untuk menguatkan mereka.

Tidak ada komentar: