Rabu, 10 Juli 2013

MENGATASI TANTANGAN DUNIA MUSLIM

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- RABU, 10 JULI 2013

Mengatasi Tantangan Dunia Muslim

Pernahkah Anda membuat janji untuk sebuah perayaan tahun baru, tetapi Anda gagal menepatinya? Menjelang berakhirnya tahun-tahun 1800-an, gencar didengungkan sebuah seruan di semua perguruan tinggi dan konferensi mahasiswa demikian, "Penginjilan sedunia dalam generasi ini." Demikian juga pada penghujung tahun-tahun 1900-an, seruan serupa telah diproklamasikan, "Gereja untuk setiap orang, dan Injil untuk setiap pribadi hingga tahun 2000 dan seterusnya." Namun, meski ada dorongan yang kuat, Amanat Agung belum juga selesai hingga tahun 1900, tidak juga pada tahun 2000. Para peneliti memperkirakan bahwa pada tahun 1900 terdapat kurang lebih 900 juta orang yang tidak memiliki akses/jalur penghubung kepada Yesus Kristus, kekristenan, ataupun Injil. Hingga tahun 2000, jumlah itu meningkat dua kali lipat menjadi 1,8 miliar orang. Dan saat ini, jumlah itu telah mencapai lebih dari 2 miliar. Banyak di antaranya adalah kaum Muslim.

Membawa "Kabar Baik" kepada suatu dunia yang tidak menginginkan kabar tersebut dan di hadapan orang yang memusuhi berita tersebut, sungguh merupakan sebuah tantangan. Bagaimana kita dapat menghadapi tantangan tersebut sebagaimana adanya?

Kita harus terlebih dahulu mempersiapkan diri, bukan untuk membuat janji, tetapi menjawab tantangan untuk memenuhinya. Ada dua petunjuk praktis/kunci rahasia yang perlu diperhatikan, yaitu:

- Menjadi bagian dari sebuah tim.
Greg Livingstone, sang Pendiri Frontier, suatu kali berkata kepada saya, "Kita tidak perlu lebih mencemaskan tentang suatu tempat ke mana kita akan pergi, tetapi kita harus lebih memedulikan dengan siapa kita akan pergi." Peribahasa Afrika berkata, "Jika Anda ingin cepat pergi, pergilah sendiri. Akan tetapi, jika Anda ingin pergi jauh, berangkatlah bersama-sama."

- Bertekun dalam iman, pengharapan, dan kasih.
Hari ini, Anda berdoa bersama sebuah tim yang besar bagi dunia Muslim. Dan, dunia Muslim itu tidak akan bisa dijangkau tanpa doa yang tekun. Meski begitu, doa harus dilakukan dengan iman, pengharapan, dan kasih terhadap semua orang di dunia Muslim yang dikasihi Tuhan. Greg Livingstone mengatakan bahwa ia sedang berdoa agar lima persen dari dunia Muslim datang kepada Kristus. Mengapa lima persen? "Tuhan memberiku iman lima persen, maka aku akan terus mendoakannya dan melakukan apa pun agar itu terwujud."

POKOK DOA

1. Berdoa untuk tim-tim yang bekerja di dunia Muslim agar bisa saling mengasihi, sebab "dengan begitu semua orang akan tahu bahwa kamu adalah murid-Ku" (Yohanes 13:35) dan "kasih yang sempurna mengalahkan ketakutan" (1 Yohanes 4:18).

2. Berdoa agar orang percaya hidup dalam kerendahan hati dan luwes dalam menghadapi tantangan yang ada, dan agar kita diberi "mata yang melihat dan telinga yang mendengar" rencana-rencana Tuhan (1 Korintus 2:9-16).

Tidak ada komentar: