Selasa, 16 Juli 2013

Fokus Doa untuk Transformasi Orang Percaya

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SELASA, 16 JULI 2013

Fokus Doa untuk Transformasi Orang Percaya

Fokus Doa 1, 1, 1 (Triple One Prayer)

Fokus 1, 1, 1, artinya:

- 1 fam/marga, artinya fokus mendoakan mereka yang satu fam/marga dengan Anda.

- 1 kampung, artinya fokus mendoakan mereka yang satu kampung dengan Anda.

- 1 suku, artinya fokus mendoakan mereka yang satu suku, asal yang sama dengan Anda.

Jadi, doa 1, 1, 1 berarti berdoa bagi nama-nama orang Kristen/percaya dari setiap marga/fam, kampung, dan suku di Indonesia yang sama dengan Anda, baik mereka yang berdomisili di kampung asal maupun mereka yang merantau di Indonesia dan di mancanegara.

Mengapa Fokus Doa 1, 1, 1 (Triple One Prayer)?

Karena ...:

- Masih ada orang Kristen yang belum menerima Tuhan Yesus Kristus dengan kesungguhan hati sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadinya -- belum lahir baru (Yohanes 3:3-7). Kekristenannya ia warisi dari keluarga hanya sebagai agama, bukan lahir dari iman dan perjumpaan pribadi dengan Tuhan Yesus.

- Ciri orang Kristen KTP (Kristen Tanpa Pertobatan):

1. Tidak memiliki rasa hormat dan takut pada Tuhan, tetapi justru senang dan bangga dengan kehidupannya yang berdosa.
2. Belum memiliki kesadaran dan kerinduan untuk menguatkan manusia rohnya dengan doa dan membaca serta merenungkan firman Tuhan secara rutin setiap hari. Tidak tertarik dengan Alkitab. Kalau membaca Alkitab selalu merasa mengantuk berat.
3. Tindakan hidupnya fasik, rentan dalam hubungan dengan sesama dan lingkungan.
4. Senang menghiasi diri dengan aksesori dan simbol-simbol Kristen, tetapi tidak menghidupi nilai-nilai Kerajaan Surga.
5. Belum menyadari pentingnya doa syafaat bagi jiwa-jiwa yang belum menerima Mesias.

- Masih ada orang Kristen yang percaya takhayul, dongeng nenek tua, dan sangat rajin merawat warisan tradisi kepercayaan leluhur/nenek moyang yang mengandung okultisme sehingga terjadi sinkretisme dalam berbagai perayaan seperti pernikahan, kehamilan, kelahiran, kematian, dan berbagai kegiatan sosial dalam keluarga, kampung, dan suku.

Target Doa 1, 1, 1 (Triple One Prayer)

- Terjadinya pertobatan yang sejati dan hidup baru pada setiap pribadi dalam setiap marga/fam, di setiap kampung/desa dan suku di Indonesia.

- Terjadinya pemulihan keimamatan pada setiap pria dan suami sebagai wakil Kristus yang memimpin di setiap keluarga.

- Terjadinya pemulihan hubungan dalam setiap keluarga antara suami dan istri, anak dan orang tua, serta mertua dan menantu.

- Terciptanya ibadah keluarga (pujian, penyampaian firman Tuhan, dan doa syafaat). Diusahakan setiap hari, dan akan sangat baik jika dilakukan pada pagi hari.

- Terjadinya transformasi pribadi, keluarga, kampung, dan suku-suku yang kita doakan.

- Meningkatnya kesadaran untuk melayani jiwa-jiwa yang belum menerima Mesias, baik mereka yang berada dalam lingkungan tempat tinggal, pekerjaan, dan orang-orang yang bersedia pergi melayani ke tempat tertentu.

- Tergenapinya Amanat Agung (Matius 28:19-20 dan Markus 15:15-18).

Bagaimana Memulainya?

Saat Anda membaca artikel ini, mulailah berdoa agar Roh Kudus memberikan hikmat dan keberanian bagi Anda untuk memulai sebagai inisiator dan penggerak, dimulai dengan fam/marga Anda. Tuliskan nama lengkap setiap orang yang memiliki fam/marga yang sama dengan Anda. Sampaikanlah ide doa ini kepada mereka yang memiliki kesungguhan dalam iman Kristen dan mereka yang memiliki fam/marga yang sama dengan Anda.

Bentuklah kelompok dengan beberapa orang yang sehati, utamakan sanak saudara yang satu fam/marga, satu kampung, dan satu suku dengan Anda.

Komitmen Doa 1, 1, 1

Untuk mendapatkan hasil doa yang maksimal dan terjadi terobosan rohani yang menuju pada rekonsiliasi dan transformasi dalam kehidupan orang percaya di seluruh Indonesia, diperlukan tekad dari setiap kita untuk aktif berdoa dengan saudara seiman yang sama fam/marga, sama kampung asal, dan sama suku asalnya dengan Anda.

Gunakan pertanyaan bantuan untuk mengamati fam/marga, kampung, dan suku, untuk memudahkan Anda mengenali sejarah (apa yang telah terjadi), masa kini (kondisi nyata yang sedang terjadi), dan masa depan (apa yang Tuhan rencanakan untuk dilakukan) bagi setiap fam/marga, kampung, dan suku. Buatlah kesepakatan untuk berjumpa minimal 1 -- 2 kali dalam seminggu. Disarankan setiap hari Senin dan Kamis. Bagilah tugas, siapa yang memimpin dan siapa yang menulis. Diskusikan dan catatlah setiap hal yang Anda temukan setelah menjawab pertanyaan survei fam/marga, kampung, dan suku. Mohonlah kepada Roh Kudus untuk memberikan gambaran rohani dari fam/marga, kampung, dan suku Anda. Berdoalah secara spesifik sampai tuntas pada setiap pokok doa bagi setiap nama fam/marga, kampung, dan suku yang telah terdaftar.

Pokok Doa Keseharian untuk Fokus Doa 1, 1, 1

- Agar setiap orang percaya, tanpa kecuali, mengalami lahir baru (Yohanes 3:3,5,7).

- Agar setiap orang percaya mengadakan penyelesaian dengan dosa dan melepaskan diri dari setiap lapisan ikatan dan kutukan roh-roh jahat, yang terjadi karena perbuatan dosa diri sendiri, dari garis keturunan, fam/marganya, desa, dan dari sukunya, yang terjadi sebagai hasil tradisi dan budaya nenek moyang yang mengalir dari penyembahan berhala dan roh leluhur -- roh orang mati.

- Agar setiap orang percaya menerima baptisan Roh Kudus dan hidup dipimpin Roh Kudus (Kisah Para Rasul 2:8 dan Galatia 5:25).

- Agar terjadi pemulihan keimamatan pria dalam ketetapan mereka sebagai wakil Kristus serta pemulihan dalam setiap fam/marga dan keluarga.

- Agar terjadi pemulihan hubungan dalam setiap keluarga, antara suami dan istri, anak dan orang tua, menantu dan mertua, dst..

- Agar terjadi pemulihan dalam setiap gereja lokal dan lembaga Kristen yang sama.

- Agar terjadi pemulihan hubungan dalam denominasi yang sama di setiap kota dan wilayah.

- Agar terjadi pemulihan interdenominasi gereja/lembaga dalam setiap kota dan wilayah negara.

- Agar setiap potensi, talenta, dan kekuatan positif yang Tuhan berikan dalam setiap pribadi, fam/marga, kampung, dan suku ditebus dalam darah Tuhan Yesus Kristus, dan dipersembahkan untuk dipakai bagi kemuliaan Bapa di surga.

Tidak ada komentar: