Minggu, 14 Juli 2013

KADOS -- Edisi 158 (15 -- 21 Juli 2013)

KADOS -- Edisi 158 (15 -- 21 Juli 2013)

Shalom,

Beberapa waktu lalu, saya membaca tentang doa pertobatan Daud dalam Mazmur 51 setelah ia mendengarkan teguran dari Tuhan lewat Nabi Natan karena ia mengambil istri Uria. Dalam Mazmur 51 itu terdapat permohonan pengampunan kepada Tuhan, kejujuran, pemahaman akan dampak besar melakukan dosa terhadap Allah, tidak berdalih atau membenarkan diri, hasrat untuk memperbaiki diri, pengakuan bahwa pengampunan tidak layak diperoleh, kecuali hanya oleh anugerah semata. Tuhan melihat hati Daud yang mau bertobat. Dan, itulah yang membuat Daud menjadi orang yang berkenan di hadapan Tuhan. Kiranya kita bisa belajar dari Daud. Mari berdoa.

Staf Redaksi KADOS,
Yusak
< http://doa.sabda.org >


15 Juli 2013 -- Tahun Ajaran Baru 2013/2014

Hari ini merupakan hari pertama tahun ajaran baru untuk sebagian besar sekolah di Indonesia. Setelah masa liburan sekolah, anak-anak sekolah memulai kembali aktivitas belajar mereka di sekolah. Tentu saja, ada suasana baru yang mereka rasakan karena masuk ke kelas yang lebih tinggi, masuk sekolah baru, pindah sekolah, atau baru pertama kali masuk sekolah. Biasanya, pada hari pertama masuk sekolah setelah liburan, semangat anak-anak sangat besar dan mereka antusias untuk menerima pelajaran yang baru. Mari kita mohon kepada Tuhan Yesus agar menolong anak-anak untuk tetap semangat dalam belajar. Kiranya, pada tahun ajaran yang baru ini, setiap anak semakin menyadari pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka. Kiranya, Tuhan menolong mereka, khususnya siswa-siswi Kristen untuk memuliakan Tuhan dalam proses pendidikan yang mereka jalani.

16 Juli 2013 -- Mantri

Mantri adalah juru rawat kepala atau pembantu dokter (biasanya laki-laki) yang bertugas membantu dokter untuk menangani pasien yang berada di pedesaan atau daerah sulit dijangkau. Awalnya, mantri ada karena kurangnya tenaga medis di Indonesia dan mendesaknya kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat. Secara legal, profesi ini memang lebih dekat dengan profesi perawat, tetapi pada kenyataannya profesi ini memberi pelayanan kesehatan seperti dokter. Kemudian, pemerintah mengeluarkan undang-undang yang melarang mantri membuka praktik. Padahal, masyarakat yang tidak memiliki akses mudah ke dokter sangat membutuhkan pelayanan para mantri ini. Doakan agar Tuhan menolong anak-anak-Nya yang menjadi mantri supaya dapat menjalankan tugas mereka untuk melayani masyarakat di tengah tantangan yang mereka hadapi.

17 Juli 2013 -- Anak Pendeta

Menjadi anak pendeta memiliki suka duka. Beberapa hal yang menyenangkan antara lain: sejak kecil sudah mengenal firman Tuhan dan pelayanan, diperhatikan jemaat, dan mengikuti pelayanan orang tua, baik di gereja yang digembalakan maupun waktu pelayanan di gereja lain. Namun, terkadang hal ini juga menjadi beban karena tingkah laku mereka diperhatikan jemaat sehingga mereka harus menjaga diri agar tidak mempermalukan orang tua. Doakan agar Tuhan memberikan sukacita kepada mereka karena menjadi anak pendeta adalah anugerah, bukan beban. Doakan juga agar mereka bisa menjadi terang dan garam bagi teman-teman mereka.

18 Juli 2013 -- Ketaatan Jemaat dalam Memberikan Persepuluhan

Memberikan persembahan persepuluhan bukanlah hal yang mudah. Sering kali, saat hendak memberikan persepuluhan muncul pikiran "Apakah saya harus memberikan persepuluhan?" atau "Jika saya memberikan persepuluhan, uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari akan berkurang." Doakan agar jemaat memiliki kerinduan untuk mengembalikan persepuluhan. Bukan sebagai suatu paksaan dari pendeta, melainkan karena kesadaran sendiri untuk memberikannya kepada Tuhan sebagai bentuk ketaatan dan kasih kepada Tuhan. Sebab, Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

19 Juli 2013 -- Kementerian Pendidikan

Kementerian pendidikan menjadi sorotan karena masalah Ujian Nasional(UN) SMA yang kacau. Ada sebelas provinsi yang mengalami penundaan Ujian Nasional karena berkas soal belum lengkap. Selain itu, kebijakan UN sebagai standar kelulusan sudah banyak ditentang karena waktu belajar selama tiga tahun hanya ditentukan dalam suatu UN. Doakan agar kinerja Kementerian Pendidikan semakin baik sehingga mereka membuat berbagi kebijakan yang dapat memajukan pendidikan di Indonesia.

20 Juli 2013 -- Tempat Rehabilitasi Narkoba

Ada beberapa tempat rehabilitasi bagi para pecandu narkoba, yang selain memulihkan keadaan fisik dan psikis pecandu-pecandu narkoba dari ketagihan, juga menanamkan nilai-nilai firman Tuhan dalam diri mereka. Setelah keluar dari pusat rehabilitasi, mereka diharapkan bisa memiliki kondisi fisik yang lebih baik dan kerohanian yang mantap untuk menghadapi kehidupan. Doakan kepada Tuhan Yesus agar melalui pelayanan pusat-pusat rehabilitasi ini banyak jiwa dapat diselamatkan bagi Tuhan.

21 Juli 2013 -- Kreativitas Anak Indonesia

Bidang seni bisa menjadi salah satu cerminan kebudayaan Bangsa Indonesia. Pada tanggal 30 Juni 2013, terdapat pameran Gelar Seni Rupa Anak Indonesia 2013 berjudul "Sana, Sini, Seni Budayaku", bertempat di Galeri Nasional, Jakarta. Pameran ini menampilkan 200 karya seni rupa, hasil kreasi anak-anak dari 23 provinsi di Indonesia, yang sengaja dipamerkan untuk masyarakat umum. Doakan agar melalui pameran seperti ini, Tuhan memampukan anak-anak Indonesia, khususnya anak-anak Tuhan, untuk termotivasi mengembangkan diri menjadi orang yang kreatif, inovatif, dan membawa dampak yang positif bagi Bangsa Indonesia.

Sumber: Kompas, 1 Juli 2013, halaman 12

Tidak ada komentar: