Selasa, 06 Agustus 2013

Gerakan Saya Berdoa

Gerakan Saya Berdoa

Bagi para pendoa setia yang menggunakan Panduan Buku Doa 40 Hari setiap tahun, Anda dapat mengamati perkembangan doa yang dicantumkan dalam buku panduan doa ini. Tim penyusun doa 40 Hari dalam Bahasa Indonesia menangkap aliran gerakan doa yang lebih cepat, khususnya bagi Indonesia. Pendoa Indonesia bukan saja telah berdoa 10 hari lebih awal sebelum doa Internasional mulai, tetapi ada berbagai artikel doa yang bersifat pekerjaan rumah/PR bagi pendoa yang harus dikerjakan. Bila para pendoa serius dan jeli mengamati serta peka terhadap aliran gerakan Roh yang sedang terjadi di Indonesia, maka akan muncul gairah -- semangat doa yang lebih kuat, yang akan mendorong pendoa untuk mengerjakan PR yang tertera dalam panduan doa ini dari tahun ke tahun. Gairah doa yang muncul bila ditanggapi oleh pendoa dengan serius, hasilnya akan mencerdaskan dan mempertajam kepekaan pendoa.

Gelombang kekuatan doa akan semakin besar saat setiap orang Kristen bersedia untuk berdoa. Doa bagi jiwa-jiwa yang belum menerima Sang Juru Selamat adalah tanggung jawab setiap orang Kristen, bukan hanya para rohaniwan dan pendoa. Jika tidak, Anda adalah orang yang hanya mementingkan keselamatan diri sendiri dan mengabaikan Amanat Agung (Matius 28:19-20). Kami sungguh berdoa dan berharap, setiap orang Kristen bersedia masuk dalam aliran gelombang doa yang sedang terjadi dan sedang menghempas ke benua-benua, bangsa-bangsa, suku-suku, dan pribadi-pribadi yang sungguh merindukan keselamatan dalam Tuhan Yesus Kristus.

Indonesia menerima peran khusus dalam gerakan doa bangsa-bangsa. Pada halaman ini, tersedia berbagai bentuk doa yang dapat dipilih. Langkah utama sebelum Anda berdoa adalah mulailah mendata sebanyak mungkin nama lengkap (bukan sekadar nama panggilan) dari orang-orang yang Anda kenal, buatlah nama file sesuai kelompok agar memudahkan saat akan didoakan.

Kelompokkan nama yang bisa dibuat antara lain:

l. Nama orang-orang yang memiliki fam/marga yang sama dengan Anda. Nama-nama ini didoakan dalam Fokus Doa 1, 1, 1, untuk orang Kristen pada hari Senin, atau hari yang cocok untuk keluarga Anda.

2. Nama-nama dari mereka yang memiliki hubungan keluarga dengan Anda, namun mereka belum percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

3. Nama para tetangga di lingkungan rumah/apartemen tempat tinggal Anda yang belum percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan. Minimal Anda mendata satu RT. Akan lebih mudah apabila meminta statistik dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, dst. tergantung tanggung jawab dan panggilan doa yang Anda terima dari Tuhan, yang Anda ingin kembangkan.

4 Nama-nama dan orang-orang di tempat Anda bekerja, apakah Anda PNS, pengusaha, karyawan, dll.. Anda pasti memiliki orang-orang di sekitar pekerjaan Anda.

5. Nama orang-orang di tempat Anda belajar, baik yang sekarang maupun teman sekolah dahulu yang belum percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan.

6. Anda juga dapat mendata nama-nama orang dalam kelompok pekerjaan seperti militer, polisi, ekonomi, pemerintah, pendidikan, media, hiburan, olahraga, dll..

Kapan Mendoakan Nama-Nama Tersebut?

Nama-nama yang telah Anda miliki dapat didoakan pada saat:
- Doa 1, 1, 1.
- Doa 5 Patok/doa 5 kali sehari.
- Doa puasa dan peperangan rohani setiap hari Jumat.
- Doa pada hari libur keagamaan (Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Kong Hu Cu, dll.).
- Doa dalam doa pribadi, doa keluarga, dan doa kelompok.

Tidak ada komentar: