Minggu, 04 Agustus 2013

Dulu Permaisuri, Kini Pekerja: Kekerasan Bermunculan

Dulu Permaisuri, Kini Pekerja: Kekerasan Bermunculan

Orang Muslim Deccani berkuasa di dataran tinggi, semenjak abad ke-14. Kerajaan Deccan (atau Hyderabad) berstatus negara dengan sistem pemerintahan kerajaan selama dua abad, sampai pemerintah India mengakhiri kekuasaan Muslim (Dinasti Nizam) pada tahun 1948. Orang-orang Deccani yang dahulunya bangsawan -- penguasa, pejabat, dan tuan tanah yang makmur -- sekarang menjadi pandai besi, tukang kayu, penjaga toko, dan pengemudi taksi. Orang-orang Muslim Deccani dalam jumlah yang besar (sekitar 2,5 juta) bisa ditemukan di kota metropolitan Hyderabad, Ibukota Negara Bagian Andhra Pradesh. Sekitar 90 persen dari mereka adalah kaum Suni, dan 5 persen lainnya adalah Shiah dengan pengaruh Sufi yang kuat.

Kelompok-Kelompok Besar yang Paling Sedikit Dijangkau

Orang Deccani adalah salah satu kelompok masyarakat yang besar di dunia, yang paling sedikit dijangkau. Karena terampas dari sumber-sumber kemakmuran mereka yang terdahulu, banyak orang Deccani yang terperosok dalam kemelaratan dan keputusasaan. Mereka membutuhkan dorongan yang menguatkan dan yang memberi pengharapan, yang hanya dapat diperoleh melalui pemahaman yang jelas akan Injil. Mereka membutuhkan doa-doa Saudara. Dalam dua dasawarsa terakhir, sebagai hasil dari usaha beberapa perwakilan lembaga misi, ada beberapa orang Kristen dalam masyarakat Deccani. Namun, usaha itu sangat lambat dan melelahkan. Usaha tersebut harus terus dilanjutkan sampai gereja di India menangkap visi dan terbeban untuk menjangkau kelompok masyarakat ini.

POKOK DOA

1. Orang-orang Muslim percaya pada Kitab Suci, maka berdoalah untuk pendistribusian Alkitab secara luas. Hanya firman Tuhan yang dapat memberi mereka pengharapan. (Yohanes 1:14 -- "Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.")

2. Oleh pemerintah pusat India, Hyderabad dipandang sebagai kawasan yang sangat sensitif. Kekerasan antara Muslim dan Hindu dapat dipicu dalam sekejap. Berdoalah memohon intervensi dan pemerintahan Tuhan terjadi dalam setiap kelompok agama. Berdoalah agar Tuhan berkenan memunculkan orang-orang yang mencintai damai dari masing-masing kelompok agama, agar terjadi pemulihan dan kedamaian dalam masyarakat Deccani.

3. Berdoalah memohon Tuhan berkenan menyatakan diri-Nya secara adikodrati agar mereka mendapat mimpi dan penglihatan tentang Yesus Kristus sebagai Jalan, Kebenaran, dan Hidup (Yohanes 14:6).

4. Berdoalah agar gereja-gereja memiliki beban, visi, dan strategi untuk mengutus lebih banyak lagi pekerja untuk melayani orang-orang Deccani (Roma 10:14-15).

5. Berdoalah secara khusus untuk anggota kelompok-kelompok Islam fundamental yang berusaha mencegah usaha-usaha pelayanan kepada orang-orang Deccani (Matius 5:44).

Tidak ada komentar: