Senin, 04 Juli 2016

SEKARANG BAGAIMANA? Langkah-langkah praktis mengasihi orang Muslim.

SEKARANG BAGAIMANA?

Langkah-langkah praktis mengasihi orang Muslim.

Sering kali, orang Kristen bertanya, "Bagaimana caranya saya dapat turut ambil bagian di dalam apa yang Tuhan sedang kerjakan di antara orang Muslim sekarang ini?" Jawabannya sederhana saja, "Kasihilah orang Muslim."

Sederhana, tetapi sulit diwujudkan. Islam telah menjadikan dirinya sendiri sebagai salah satu agama yang paling ditakuti di dunia ini. Kesan seperti ini muncul dari sejarah panjang penaklukan, perpindahan agama yang dipaksakan, diskriminasi, dan kekejaman terorisme sebagaimana diperlihatkan melalui surat-surat kabar setiap harinya. Ini merupakan sebuah pandangan yang dipegang oleh orang Hindu, China, Sosialis, dan orang Buddha. Islam memisahkan dirinya sendiri terhadap setiap orang non-Muslim di dunia ini.

Namun begitu, Muslim bukanlah Islam. Muslim adalah orang per orang, laki-laki dan perempuan. Selama berabad-abad, kaum Muslim di banyak tempat di dunia ini terisolasi di dalam komunitas-komunitas yang menegaskan stereotip/pandangan tentang orang Kristen -- bahwa mereka itu tidak peduli/masa bodoh, duniawi, dan penuh dosa. Pandangan ini dapat berubah melalui perkataan dan perilaku hidup orang Kristen yang bersedia hidup seperti Yesus.

Seorang imigran berlatar belakang Muslim dari Iran, bernama Ali, akhir-akhir ini menceriterakan kisahnya kepada saya. "Seorang teman Kristen mengundang saya untuk menghadiri jamuan makan malam yang diadakan di gerejanya seminggu sekali. Demikian dia mengisahkan. "Ketika saya mengetahui bahwa menu yang disajikan termasuk daging babi panggang, dengan sopan saya undur diri. Dua minggu kemudian Ali diundang lagi. Kali ini, pihak gereja telah mengubah menunya, menghindari makanan apa pun yang sekiranya Ali akan keberatan untuk memakannya. Ali berkata, "Ketika saya tahu bahwa mereka telah bersusah payah hanya demi saya, saya tidak dapat menolaknya."

Dalam beberapa minggu, Ali telah mengenal satu komunitas yang mengasihi Tuhan dengan setia dan yang juga mengasihi dirinya di dalam Yesus Kristus. Ia mengambil setiap kesempatan untuk berbagi dengan teman-teman Muslimnya, dan mendorong orang-orang Kristen untuk menyatakan kasih mereka bagi orang Muslim sebagai jalan untuk membagikan iman mereka.

Kita bisa tergoda untuk menjadi takut, menghindar, atau bahkan menentang orang Muslim. Akan tetapi, ketika melakukan yang sedemikian, kita memperkuat anggapan orang Muslim bahwa orang Kristen adalah "orang lain" yang harus ditantang atau dihindari.

Cara yang paling praktis untuk mengasihi orang Muslim adalah mendoakan mereka. Ketika kita berdoa, kita menyenangkan hati Tuhan. Tuhan sangat mengasihi orang Muslim sehingga Ia mengutus Anak tunggal-Nya ke dalam dunia untuk mengasihi mereka, mengampuni mereka, dan menyelamatkan mereka.

Saat kita berdoa bagi orang Muslim, kita mendapati bahwa hati kita mulai berubah. Kita mulai memandang mereka sebagaimana Tuhan memandang mereka. Mereka bukanlah ancaman tersembunyi, dengan sebuah ideologi yang berbahaya. Mereka adalah manusia, laki-laki dan perempuan, yang terhilang -- sebagaimana kita dahulu -- dan membutuhkan Juru Selamat.

"Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah; apa yang baik yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna." (Roma 12:2)

Tetaplah Berdoa di Sepanjang Tahun:

1. Ketika saudara mendengar melalui pemberitaan media tentang kejahatan atau ketidakadilan yang melibatkan orang-orang Muslim, berhentilah sejenak, ambillah waktu untuk berdoa bagi orang-orang yang terperangkap di dalamnya, baik mereka yang menjadi penyebab maupun yang menjadi korbannya.

2. Berdoa agar Tuhan memimpin saudara kepada pribadi-pribadi Muslim yang saudara bisa kasihi di dalam nama Kristus.

3. Berdoa agar orang Kristen menolak godaan untuk membalas kebencian, permusuhan dengan permusuhan. Mintalah agar Tuhan memberikan kepada saudara kasih-Nya bagi orang Muslim.

Rencanakan doa-doa khusus pada hari-hari raya Muslim pada tahun 2016.

Tanggal                          Hari Raya
6 Juli 2016                Idul fitri -- Lebaran (berakhirnya puasa 30 hari)
3 Juli 2016                Laylat Al Qadr (Malam penuh kuasa)
12 September 2016          Naik Haji ke Mekah
2 Oktober 2016             Tahun Baru 1438 Hijriyah
12 Desember 2016           Maulud Nabi Muhammad SAW

Tidak ada komentar: