Rabu, 06 November 2013

BULETIN DOA "OPEN DOORS" -- NOVEMBER 2013

BULETIN DOA "OPEN DOORS" -- NOVEMBER 2013

Jumat, 1 November 2013 -- Bangladesh

"Ayah saya sangat marah dan berkata tidak akan mengakui saya sebagai anaknya jika tidak mau kembali kepada agama Buddha," kata Sowmong. "Saya pikir tidak ada kesempatan baginya untuk kembali lagi." Sowmong adalah seorang mantan penganut agama Buddha yang telah kehilangan keluarganya karena mengikuti Yesus. Doakan agar ia tetap teguh berdiri dalam iman meskipun mengalami tekanan dari keluarganya. "Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman ...." (Mazmur 19:8) Open Doors sudah membagikan 3300 Alkitab ke gereja-gereja di Bangladesh. Kiranya mereka dapat menerima Alkitab tersebut dengan hati yang siap dipenuhi Kristus.

Sabtu, 2 November 2013 -- Maladewa

Sejak Maladewa dinyatakan sebagai negara Muslim, beberapa orang Kristen yang ada di sana berada dalam bahaya kehilangan kewarganegaraannya apabila diketahui oleh penguasa. Doakan kiranya orang-orang percaya ini menemukan ketenangan dan perlindungan dari Roh Kudus. Doakan terus pemimpin Maladewa, gerakan politik yang terjadi berdampak negatif bagi kekristenan. Doakan kiranya kuasa TUHAN dapat membuka pintu untuk memasukkan Injil ke daerah-daerah yang tertutup di Maladewa.

Minggu, 3 November 2013 -- Filipina Selatan

Perang suku di Mindanao sangat buruk sehingga orang percaya yang tulus terjebak di tengah-tengah konflik. "Sekarang ini, jika saudara datang dari arah desa kami, desa Sama, mereka, suku Tausugs, akan menyetop perahu saudara dan menanyakan identitas," ucap seorang SALAM. "Jika saudara berkata dari sini, ikut atau tidak saudara terlibat di dalam konflik, mereka akan membunuh saudara." Mintalah TUHAN memenuhi anak-anaknya dengan damai di tengah-tengah situasi ini. Mintalah hikmat agar penguasa lokal dapat menengahi peperangan antarsuku ini. SALAM dari suku Yakan dipaksa oleh pemimpin lokal dan saudara-saudara Muslim mereka meminta mereka meninggalkan Yesus Kristus. Doakan suku Yakan Kristen agar tetap teguh di dalam imannya dalam menghadapi tekanan masyarakat.

Senin, 4 November 2013 -- Bhutan

Gereja di Bhutan sedang menghadapi isu perpecahan, kurangnya pemimpin terlatih, dan kekurangan bahan-bahan ajaran dalam bahasa setempat. Gereja punya kecenderungan hanya dalam kesembuhan dan mukjizat. Doakan agar gereja di Bhutan memperhatikan pertumbuhan rohani dan kesatuan di dalam Kristus. Meskipun orang Kristen Bhutan diizinkan beribadah di rumah mereka, namun beribadah di tempat-tempat non-Buddhist sembahyang tetap dilarang oleh penguasa. Doakan agar kebebasan gereja di Bhutan terus bertumbuh.

Selasa, 5 November 2013 -- Myanmar

Doakan Nyein, perempuan Kristen yang ditahan karena menolong orang Muslim Rohingya. Nyein merasa iba kepada mereka dan mengundang mereka untuk makan di rumahnya. Ia ditahan dengan tuduhan berkhianat dan dihukum 3 tahun penjara. Meskipun dipenjara, doakan Nyein agar terus bertahan dalam iman dan tetap percaya kepada kebesaran TUHAN.

Rabu, 6 November 2013 -- Myanmar

Stephen, seorang percaya yang memulai gereja rumah di Myanmar Tengah, bercerita, "Gereja bertumbuh dan kami membaptis ratusan orang percaya baru selama 13 tahun ini." Dari tujuh orang percaya, gereja rumah milik Stephen kini beranggotakan dua ratus orang. Puji Tuhan untuk pertumbuhan jemaat ini. Berdoalah agar gereja ini menjadi garam dan terang di komunitas mereka sehingga TUHAN menambahkan jumlah mereka setiap harinya.

Kamis, 7 November 2013 -- Sri Lanka

Gereja-gereja pedesaan di Sri Lanka yang dibina oleh pekerja-pekerja Kristen yang belum menerima pelatihan yang cukup. Mereka sering kali menjadi korban dalam penganiayaan yang terorganisir, dan mereka dipersiapkan untuk menghadapi tekanan. Doakan program SSTS agar dapat memampukan mereka menghadapi penganiayaan secara alkitabiah. "Para petani menolong keluarga saya dan gereja kami," kata Rebecca, petani bawang yang menerima modal usaha dari Open Doors. "Oleh karena itu, kami sudah bisa perpuluhan dan mendukung beberapa kegiatan di gereja kami. Di masa depan, saya akan menjahit kembali dan mendapatkan penghasilan. Saya ingin membeli empat mesin jahit." Puji TUHAN, untuk pertolongan-Nya di dalam kehidupan Rebecca. Kiranya ia tetap menjadi pelayan yang baik bagi kemuliaan TUHAN.

Jumat, 8 November 2013 -- Laos

Sementara kebebasan beragama sedang dalam proses pengesahan di konstitusi, orang percaya di Laos masih terhambat oleh hukum yang dirancang untuk mengontrol bukannya memajukan kebebasan beragama. Kegiatan agama bisa "bebas" apabila sudah mendapat izin dari pemerintah. Berdoalah kiranya supaya orang percaya di Laos tetap kuat meskipun dirancang untuk ditekan dan terus berharap kepada Yesus.

Sabtu, 9 November 2013 -- Laos

Pelatihan Alkitab merupakan kesempatan langka bagi pemuda Kristen di Laos. Dalam beberapa tahun ke depan, mereka ini akan menjadi pemimpin di dunia industri dan apa pun pekerjaan yang mereka pilih. Dan, mereka akan menjadi pembawa Injil di bidang mereka masing-masing. Doakan agar para pemuda ini dapat tumbuh di dalam TUHAN sehingga mereka berbuah kebenaran dan membawa kemuliaan bagi TUHAN.

Minggu, 10 November 2013 -- Vietnam

Open Doors mensponsori pembekalan pernikahan, hubungan yang alkitabiah bagi enam puluh pendeta dan istri-istri mereka. Doakan agar pernikahan mereka bisa menjadi contoh bagi jemaat.

Senin, 11 November 2013 -- Vietnam

"Saya menikmati gambar-gambar Alkitab. Saya sangat senang ketika menerimanya. Saya selalu membaca dua sampai tiga kisah setiap harinya. Saya selalu mengundang teman-teman saya untuk bergabung dengan kelompok kami," kata Van, penerima Alkitab Anak. "Saya selalu membawa Alkitab ke sekolah. Jika teman sekelas ingin meminjamnya, saya pinjamkan sehingga teman-teman ingin membaca dan kenal TUHAN lebih lagi." Puji TUHAN atas pemberian 35000 Alkitab bergambar, tahun lalu.

Selasa, 12 November 2013 -- Nepal

Jumlah orang Kristen di Nepal hanya 2% dari populasi penduduk. Orang-orang ini terus-menerus diburu oleh keluarga mereka untuk menjatuhkan iman mereka dan kembali kepada agama lama. Doakan orang-orang Kristen Nepal agar menjadi saksi hidup bagi anugerah TUHAN meskipun mereka minoritas. Beberapa gereja di dataran tinggi Nepal bertemu secara rahasia. Doakan agar TUHAN melindungi mereka ketika mereka bersekutu, belajar firman Tuhan. Doakan agar pertemuan rahasia mereka menjadi tempat yang penuh kasih dan belajar.

Rabu, 13 November 2013 -- India

Doakan Proyek Pemberantasan buta huruf orang dewasa di Jhabua, Narayanpur (Chhattisgarh) dan Dindori (Madhya Pradesh). Berdoalah untuk para pengajar kursus ini dan peserta yang ikut belajar.

Kamis, 14 November 2013 -- India

Pemilihan anggota DPR (Lok Sabha) biasanya dilaksanakan setiap lima tahun atau kapan saja dibubarkan oleh Presiden. DPR periode sekarang akan berakhir pada 31 Mei 2014. Pemilu akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan India (ECI) dan umumnya dalam beberapa tahapan untuk hasil yang baik dan keamanan. Berdoalah agar ada persiapan yang penuh damai, dan dipilihnya pemimpin-pemimpin yang tepat.

Jumat, 15 November 2013 -- India

Penginjilan hampir tidak mungkin di wilayah yang sensitif soal agama di Jammu dan Kashmir. Berdoalah agar gereja menyadari peranan mereka dalam menyaksikan Yesus Kristus. Berdoalah juga untuk wilayah Himachal, Pradesh, yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Oleh karena itu, pertumbuhan kekristenan menjadi lamban.

Sabtu, 16 November 2013 -- India

Gadis-gadis Kristen menghadapi kesulitan dalam mencari pasangan yang seiman, berdoalah untuk masalah ini. Penolakan masyarakat merupakan bentuk penganiayaan yang utama, yang mereka alami. Berdoalah untuk pusat pelatihan menjahit di Nagpur (Maharashtra) dan Narayanpur (Chhattisgarh) agar para wanita tidak hanya dibekali keterampilan, tetapi kebutuhan rohani mereka juga dipenuhi.

Minggu, 17 November 2013 -- Kazakhstan

Teruslah berdoa untuk Bakhytzhan Kyshkimbayev, pendeta dari gereja "Grace" di Astana yang masih dalam penyelidikan dengan tuduhan penyebab luka berat salah seorang jemaatnya. Bakhytzhan sudah dipindah dari Astana ke Almaty, untuk perawatan dan psikiater. Sebelum mereka memindahkannya ke Almaty, ia khawatir mereka akan "membuat dirinya mengalami schizophrenia dan mengurungnya di sana untuk waktu yang lama". Selagi ia berada di rumah sakit, berdoalah untuk Bakhytzhan dan kasus yang sedang dihadapinya. Doakan agar pemerintah membebaskan Bakhytzhan dan kasusnya ditutup.

Senin, 18 November 2013 -- Tajikistan

Berdoalah untuk para istri yang suaminya masih Muslim. Kebanyakan dari mereka mengalami penghinaan, pelecehan fisik/moral, dan bahkan sangat sering dipukuli oleh suami mereka. Beberapa dari mereka sudah menjadi biasa dan menanggung beban tersebut sendirian, bahkan tidak mau membicarakannya. Bahkan, sebagian tidak lagi memedulikan penderitaan karena imannya. Berdoalah untuk Mehriban Tojolova, Luda Sattarova, Umeda Rozanova, Guljan Shokirova.

Selasa, 19 November 2013 -- Turkmenistan

Vasiliy Korobov, pendeta gereja Baptist, mengadakan kamp untuk anak-anak Kristen sehingga mereka bisa berlibur, bersenang-senang, dan belajar firman Tuhan. Namun, kamp tersebut didatangi oleh Polisi dan lima belas orang aparat pemerintah yang melarang mereka melanjutkan kamp tersebut meskipun kamp tersebut sudah mendapat izin resmi. Baru-baru ini, Vasiliy ditahan berdasarkan undang-undang 205/1/4 (mengenai pertemuan keagamaan) dan ia didenda sekitar Rp 3.750.000-. Berdoalah untuk Vasiliy dan perlindungan untuk anak-anak yang ikut kamp tersebut.

Rabu, 20 November 2013 -- China (SUAR) and Kyrgyzstan

Berdoalah agar hubungan antara Uyghurs dan Chinese terus stabil setelah peristiwa kekerasan pada Juni 2013. Berdoalah untuk keamanan gereja di dalam suasana kebencian dan kekejaman yang terjadi.

Kamis, 21 November 2013 -- China (SUAR) and Kyrgyzstan

Berdoalah jugalah untuk wilayah selatan Kyrgyzstan, di lembah Fergana, di mana ketegangan dan tekanan antara orang Uzbeks dan orang Kyrgyz masih tinggi. Setelah peristiwa kekerasan pada Juni 2010, ada lebih dari empat ratus orang kehilangan nyawanya karena ketegangan etnis di bagian negara ini, yang digambarkan sangat berbahaya. Berdoalah untuk keselamatan keluarga misionaris asing dan beberapa gereja lokal agar mereka bertindak hati-hati.

Jumat, 22 November 2013 -- Semenanjung Arab

Dalam berinteraksi dengan orang-orang percaya melalui internet, Anwar mengaku dengan iman di dalam Kristus dan menunjukkan tanda-tanda bahwa ia sungguh-sungguh orang percaya. Berdoalah untuk persekutuan di sekitarnya yang hingga kini tidak diketahui. Kiranya hubungannya dengan Tuhan terus tumbuh. Setelah beberapa tahun berhasrat lebih mengenal Yesus, Mahmood mendengar dua orang percaya berdiskusi mengenai iman mereka di sebuah kafe. Ia mengikuti mereka ke lokasi lain, mengadakan percakapan yang panjang dengan mereka, dan akhirnya memberi dirinya bagi TUHAN. Doakan agar keputusan yang dibuatnya untuk masa depannya, dan orang-orang lain seperti dirinya yang masih menunggu mendengar tentang Yesus. Ahmed berbicara kepada teman Kristennya tentang mimpinya mengenai Bait Suci Perjanjian Lama. Doakan agar pintu-pintu dibukakan, melalui mimpi dan yang lainnya, Tuhan membukakan pesan Alkitab kepada Ahmed, melalui standar PL, kepada Yesus Kristus. Doakan seorang gadis yang bertemu dengan orang percaya yang menanyakan banyak pertanyaan. Ia membaca buku yang diterimanya dari mereka, tetapi ia tidak memercayai isinya. Ia akan terus membaca dan bertanya dan suatu hari nanti, ia akan percaya kepada Yesus.

Sabtu, 23 November 2013 -- Oman

Terpujilah Tuhan untuk berkat yang melimpah dan banyaknya kesempatan di Oman. Kiranya firman Tuhan bebas diberitakan dan dimuliakanlah TUHAN.

Minggu, 24 November 2013 -- Iran

Terpujilah Tuhan untuk dua orang SALAM yang memutuskan mengikuti Yesus setelah bertemu beberapa kali dengan seorang penginjil di taman. Setelah nonton film Yesus melalui TV satelit, seorang gadis muda memutuskan mengikut Yesus dan menjadi orang percaya. Terpujilah Tuhan untuk pertobatannya. Doakan agar ada kesempatan untuk dimuridkan. Ia lebih baik terisolasi daripada ditolak oleh keluarganya. Doakan juga Mostafa Bordbar yang dipenjara sejak Natal 2012 dan dihukum oleh Pengadilan Revolutioner di Teheran selama sepuluh tahun penjara. Ingatlah juga Ebrahim Firouzi yang dipenjarakan oleh Pengadilan Revolutioner di Robat-Karim selama satu tahun, dan selama dua tahun diusir ke daerah perbatasan negara. Ia bersalah karena kegiatan penginjilan yang dianggap melawan rezim Iran. Doakan juga mereka yang bersamanya di dalam penjara, baik pria maupun wanita.

Senin, 25 November 2013 -- Israel dan Teritorial Palestina

Doakan untuk program pemuridan Lech Lecha ke-16 yang akan diadakan dari bulan Oktober sampai Desember. Beberapa remaja Kristen Israel, yang baru menyelesaikan wajib militer mereka, mengikuti program ini untuk 3 bulan lamanya. Berisi Bible study, melayani tubuh Kristus secara praktis, persekutuan, saat-saat refleksi, dan membangun hubungan pribadi mereka dengan Tuhan Yesus. Doakan juga pemuda Messianic yang harus meninggalkan zona nyaman mereka, believers -- keluarga, jemaat, sahabat -- ikut tentara Israel. Doakan untuk perlindungan mereka secara fisik, mental, dan rohani. Mereka dapat membuat perubahan melalui tingkah laku mereka. Berdoalah untuk orang Kristen di Gaza, secara umum para pemimpinnya, agar menerima hikmat dan visi yang jelas melalui Roh Kudus, mengenai apa yang penting untuk Kerajaan Surga.

Selasa, 26 November 2013 -- Israel dan Palestina

Doakan program pelatihan yang ditawarkan oleh BBC dan Olive Branch pada semester mendatang dengan dukungan dari Open Doors. Pelatihan ini akan diadakan di Bethlehem dan di Galilea. Salah satu pelatihannya mengenai pernikahan, dan Berdiri Teguh di Tengah Badai (SSTS), dan juga tentang Trauma Debriefing. Kiranya para peserta diperkaya dengan pengetahuan yang mereka dapatkan dan bisa menerapkannya ke dalam hidup dan pelayanan mereka.

Rabu, 27 November 2013 -- Aljeria

Agustus lalu, polisi menangkap seorang percaya. Aljeria ketat sekali memberlakukan peraturan mengenai pelarangan perkumpulan keagamaan selain Islam sehingga ini membatasi orang Kristen bersekutu. Tolong doakan kiranya orang Kristen tidak dipenjara karena mengadakan persekutuan atau didenda mengingat peraturan ini sudah diberlakukan.

Kamis, 28 November 2013 -- Aljeria

Beberapa kasus di pengadilan masih terbuka karena ketatnya undang-undang tahun 2006 tentang mengekspresikan keyakinan pribadi. Berdoalah agar ada akhir yang baik dari kasus-kasus tersebut dan berdoa juga kiranya peraturan tersebut sedikit diperlonggar untuk orang Kristen.

Jumat, 29 November 2013 -- Mauritania

Doakan untuk kedamaian dan rekonsiliasi antara suku Moors dan Black African Mauritanians. Pemisahan ini juga terlihat di antara orang percaya, dan sedikit sekali kemungkinan adanya kerja sama. Doakan ketidakstabilan baru-baru ini agar menjadi refleksi ketimbang kemarahan, dan introspeksi ketimbang mencari kambing hitam.

Sabtu, 30 November 2013 -- Mauritania

Beberapa lembaga pelayanan asing ingin sekali mengirim pekerjanya untuk membantu gereja lokal. Doakan orang yang mereka utus dan hikmat dari TUHAN ketika mereka bertemu orang-orang percaya yang menyembunyikan identitas mereka.

Tidak ada komentar: