Sabtu, 28 Mei 2016

KADOS -- Edisi 308 (30 Mei -- 5 Juni 2016)

KADOS -- Edisi 308 (30 Mei -- 5 Juni 2016)

Salam sejahtera dalam Kristus,

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita tentu dapat melihat berbagai macam orang dan situasi. Kita bisa melihat orang yang asyik merokok, ibu hamil yang akan melahirkan, perajin ukir, dan masih banyak lainnya. Kita mungkin memang tidak bisa berelasi dengan mereka semua secara langsung, tetapi kita bisa mendoakan mereka. Mari kita membawa mereka dalam doa kepada Allah Bapa, kiranya pertolongan dan perlindungan Tuhan selalu ada atas hidup mereka.

Staf Redaksi KADOS,
S. Setyawati
< http://doa.sabda.org >


30 Mei 2016 -- Donatur dan Mitra Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) adalah yayasan Kristen nonprofit dan nonkomersial. Semua pelayanan YLSA memanfaatkan serta menggunakan media komputer dan internet untuk membagikan bahan-bahan kekristenan secara gratis. Pelayanan YLSA tetap dapat berjalan sampai saat ini hanya karena kasih karunia Allah yang telah menggerakkan orang-orang yang rindu mengambil bagian dalam pelayanan YLSA dengan memberikan dukungan doa, data, duta, daya, dan dana. Oleh karena itu, berdoalah bagi para donatur dan mitra YLSA agar Tuhan Yesus senantiasa memberkati pelayanan dan pekerjaan mereka di mana pun mereka ditempatkan Tuhan. Doakanlah pula agar keluarga mereka juga senantiasa bertumbuh dalam iman kepada Tuhan Yesus.

31 Mei 2016 -- Perokok Aktif dan Pasif

Setyo Budiantoro dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) mengatakan, sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekelilingnya (http://life.viva.co.id/news/read/69076-bahaya_perokok_pasif_3_kali_perokok_aktif). Dengan demikian, rokok berbahaya bagi perokok aktif maupun perokok pasif yang berada di tempat yang sama. Sebagai orang percaya, marilah kita menasihati, memedulikan, dan mendoakan masyarakat Indonesia kepada Tuhan Yesus supaya mereka semakin menyadari bahaya rokok dan bisa mengambil langkah bijaksana dalam menyikapinya. Berdoalah pula bagi para perokok aktif, termasuk orang percaya yang masih terikat dengan rokok, supaya mereka berhenti merokok dan menyadari arti penting tubuh mereka bagi Allah.

1 Juni 2016 -- Penghayatan Pancasila

Demi tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa, seluruh rakyat Indonesia perlu terus diingatkan untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan berkeluarga, berbangsa, dan bernegara. Sebagai orang percaya, pada hari lahirnya Pancasila ini, marilah kita berdoa agar seluruh rakyat Indonesia semakin memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Berdoalah pula bagi generasi penerus bangsa agar mereka semakin memiliki rasa cinta tanah air dan mengamalkan sila-sila Pancasila dengan benar.

2 Juni 2016 -- Perlindungan Hak Asasi Anak

Setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan dan dilindungi. Bahkan, anak-anak pun memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari setiap orang dan apa pun yang membahayakan kehidupan mereka. Jika setiap orang menyadari akan hak dan kewajiban ini, tentu kasus penyiksaan dan tindakan pelecehan seksual terhadap anak-anak tidak terjadi di Indonesia. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus supaya pemerintah diberi kebijaksanaan dalam melindungi hak asasi anak. Sebagai umat Kristus, kita pun harus mendukung perlindungan hak asasi anak supaya anak-anak mendapatkan haknya sebagai warganegara -- hidup aman dan sejahtera.

3 Juni 2016 -- Proses Persalinan

Dalam melahirkan bayi, seorang ibu harus berjuang mempertaruhkan nyawa. Namun, bersyukur kepada Tuhan Yesus atas perkembangan ilmu kedokteran dan cara-cara persalinan yang lebih maju sekarang ini sehingga risiko buruk dalam proses persalinan bisa dikurangi. Berdoalah bagi seluruh ibu di Indonesia yang akan menjalani proses persalinan supaya dapat melahirkan putra-putrinya dengan lancar, ibu dan bayi pun dalam keadaan sehat. Doakanlah pula bagi tim medis atau orang-orang yang membantu proses persalinan agar dapat menolong setiap proses persalinan dengan baik dan bertanggung jawab.

4 Juni 2016 -- Perajin Ukir di Indonesia

Indonesia kaya akan hasil seni. Salah satunya adalah kerajinan ukir, yang dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Tidak sedikit kerajinan ukir di Indonesia diminati oleh warganegara Indonesia dan warganegara asing. Sebagai orang Kristen, kita perlu ikut melestarikan seni ukir di Indonesia sebagai wujud ungkapan syukur kita atas kemurahan Allah. Karena itu, mari kita berdoa bagi para perajin ukir di Indonesia agar dapat terus berkarya dalam menghasilkan karya-karya ukir yang memesona. Berdoa pula bagi para perajin ukir Kristen supaya mereka dapat menghasilkan kerajinan ukir yang mengandung prinsip-prinsip kekristenan. Dengan demikian, kerajinan ukir mereka pun bisa menjadi sarana untuk memberitakan Injil.

5 Juni 2016 -- Program Penghijauan di Indonesia

Gerakan menanam pohon di beberapa daerah di Indonesia sudah dimulai, dan hal ini perlu ditingkatkan. Penghijauan sangat perlu dilakukan untuk melindungi bumi kita dari kerusakan alam. Dengan adanya penghijauan, kita dapat mengurangi pencemaran udara dan mempertahankan cadangan air bersih di bawah tanah. Sebagai orang percaya, kita harus turut ambil bagian dalam memelihara bumi ini dan berdoa agar program ini dapat berjalan dengan baik dan terus digalakkan di berbagai daerah di Indonesia. Berdoalah juga agar masyarakat Indonesia, termasuk kita, semakin peduli akan pentingnya melestarikan alam bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

Tidak ada komentar: