Senin, 29 Juni 2015

UNIVERSITAS DHAKA, BANGLADESH


UNIVERSITAS DHAKA, BANGLADESH

Universitas Dhaka adalah universitas tertua dan terbesar di Bangladesh. Didirikan tahun 1921, universitas ini meraih reputasi sebagai "Oxford dari Timur" selama tahun-tahun pertamanya. Universitas ini mengakomodasi berbagai Institut dan Departemen dari berbagai disiplin ilmu, dengan jumlah mahasiswa lebih dari 38.000 orang, dan anggota staf lebih dari 3.000 orang. Motto universitas ini adalah "Kebenaran akan Menang!"

Seorang profesor tua senang membawa pengunjung ke bagian depan gedung. Di sana terdapat sebuah monumen besar, yang mengingatkan para pengunjung bahwa Universitas Dhaka telah menjadi kontributor yang penting bagi sejarah modern Bangladesh. Setelah pemisahan India, Universitas Dhaka menjadi pusat pergerakan demokrasi dan pembaruan. "Kami akan tetap meneruskan tradisi ini," tegas sang profesor.

Pada tahun-tahun terakhir ini, sebuah departemen kecil didirikan dan dinamakan Departemen Kebudayaan dan Agama-Agama Dunia. Dosen bukanlah satu-satunya pengajar di kelas-kelas yang ada, tetapi pemeluk dari masing-masing agama juga diundang untuk mengajar. Hal ini memberikan kesempatan bagi orang Kristen, sebagai minoritas kecil, setengah persen, untuk didengar di kalangan masyarakat Bangladesh. Mereka bisa mengajarkan seluruh Injil dan menceritakan kisah-kisah tentang Yesus Kristus. Sekitar 300 mahasiswa memperoleh kesempatan untuk membaca bagian-bagian dari Alkitab dan belajar tentang kabar baik setiap tahunnya. Departemen tersebut mendukung dialog, tetapi bukan sinkretisme. Mereka berkata, "Kita masing-masing perlu saling mengetahui iman kita dengan baik agar dapat menghargai keyakinan sesama umat manusia!"

POKOK DOA

1. Berdoalah kepada Tuhan Yesus agar Departemen Kebudayaan dan Agama-Agama Dunia itu terus melanjutkan keterbukaan pemikiran tersebut, sekaligus agar hati dan pikiran mahasiswa terbuka, dan motto universitas tersebut menjadi kenyataan "Kebenaran akan Menang!"

2. Berdoalah kepada Tuhan Yesus agar Roh Kudus membimbing para dosen dan Guru Besar Kristen dalam pengajaran mereka.

3. Doakanlah agar setiap mahasiswa yang sudah percaya kepada Kristus dapat menjadi saksi Kristus bagi teman-temannya sesama mahasiswa, dan melalui mereka banyak mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengenal Kristus secara pribadi.

Tidak ada komentar: