Senin, 29 Juni 2015

SEMBILAN RUANGAN DALAM RUMAH ISLAM

SEMBILAN RUANGAN DALAM RUMAH ISLAM

Untuk dapat berdoa dengan efektif bagi dunia Muslim, kita harus memandang dunia Muslim sebagaimana ia memandang dirinya sendiri, seperti dunia Muslim apa adanya. Pada abad ke-8, seorang ahli hukum Islam, Abu Hanifa (699 -- 767), membagi dunia ke dalam dua rumah: Rumah Islam (Dar al-Islam) dan Rumah Perang (Dar al-Harb). Pengertian Rumah Islam menunjuk kepada bangsa-bangsa yang di situ orang Muslim merupakan penduduk dominan, dan hukum Islam mengarahkan penduduk untuk tunduk pada aturan Islam. Sedangkan yang dimaksud dengan Rumah Perang adalah negeri yang di dalamnya orang Muslim merupakan penduduk minoritas, dan Islam belum mendominasi.

Rumah Islam dengan 1,6 miliar penganut setia bersifat sangat beragam. Ia sama beragamnya dengan agama Kristen. Muslim di Afrika Barat menganut kebudayaan dan cara pandang yang sangat berbeda dari mereka yang ada di Iran atau Bangladesh, atau Indonesia.

Secara geo-kultur, Rumah Islam dapat dibagi menjadi sembilan kawasan yang berbeda, atau (disebut juga) Ruangan-Ruangan dalam Rumah Islam. Kesembilan Ruangan itu adalah
1. Afrika Barat
2. Afrika Utara
3. Afrika Timur
4. Dunia Arab
5. Kawasan Persia
6. Turkistan
7. Asia Selatan bagian Barat
8. Asia Selatan bagian Timur
9. Indo-Malaysia

Afrika Barat dan Afrika Timur terdiri atas orang-orang Muslim yang sebagian besar berasal dari latar belakang suku animistis. Dunia Arab, tempat Islam berasal, dahulunya adalah Kristen dan merupakan tempat kediaman (kampung halaman) bapa-bapa gereja mula-mula. Kawasan Persia dahulu didominasi oleh penganut Zoroaster sebelum ditaklukkan oleh tentara Islam pada abad ke-7. Turkestan di bagian Asia Tengah dahulunya merupakan tempat/kampung halaman bagi suku-suku Turko-Mongolian penganut Shamanistik bersama dengan komunitas Kristen Nestorian yang terserak sebelum Tamerlane dan Golden Horde membasmi mereka pada abad ke-14 sampai ke-16. Pada abad-abad selanjutnya, para Penakluk Turki itu juga menundukkan bangsa-bangsa Afrika Barat yang sekarang ini adalah Afghanistan, Pakistan, dan India bagian Barat. Perkembangan Islam ke arah Timur menumbangkan kerajaan Hindu dan Buddha di kawasan yang sekarang ini adalah India bagian Timur, Bangladesh, dan Myanmar bagian Barat.

Hingga abad ke-13, Islam telah menjejakkan kaki di kawasan kepulauan Indonesia, dan secara bertahap memenangkan petobat berlatar belakang spiritualitas Hindu di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Malaysia dan Indonesia, negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

POKOK DOA

1. Dengan menyebut tiap-tiap nama dari ke-Sembilan Ruangan dalam Rumah Islam, mintalah agar Tuhan mencurahkan Roh Kudus-Nya kepada orang Muslim dalam tiap-tiap ruangan tersebut, sehingga mereka sadar akan kebutuhan mereka akan keselamatan di dalam pribadi Yesus Kristus.

2. Doakanlah kepada Tuhan Yesus agar Injil Kristus diberitakan di wilayah yang mayoritas penduduknya belum percaya kepada Kristus, sehingga mereka mendengar Injil dan mengenal Kristus sebagai satu-satunya Jalan Keselamatan.

3. Berdoalah kepada Bapa agar bahan-bahan kekristenan semakin banyak dibagikan di dunia Arab dan semakin banyak orang dimenangkan dalam Kristus.

Tidak ada komentar: