Sabtu, 07 Februari 2015

KADOS -- Edisi 240 (9 -- 15 Februari 2015)


KADOS -- Edisi 240 (9 -- 15 Februari 2015)

Salam damai Yesus Kristus,

Salah satu karakter yang harus dimiliki oleh setiap orang percaya adalah kasih. Kasih ini telah dibuktikan, diajarkan, dan ditunjukkan oleh Kristus kepada manusia. Mengapa kita harus mengasihi? Karena Allah sudah terlebih dulu mengasihi kita. Biasanya, pada bulan Februari ini, banyak orang akan teringat akan hari spesial, yang biasa mereka sebut dengan hari Valentine (kasih sayang). Banyak orang akan berpikir keras bagaimana cara mewujudkan/membuktikan kasih mereka kepada orang-orang yang mereka kasihi, dengan cara yang berbeda dan istimewa. Bahkan, ada yang sampai memberikan hadiah mahal dengan asumsi bahwa kasih sayang mereka "semahal"/"seberharga" pemberian itu. Bagaimana kita sebagai orang percaya menyikapi hari Valentine ini? Marilah kita memandang kembali Kristus, yang telah menyerahkan nyawa-Nya bagi kita dan membuktikan kasih-Nya bagi kita. Itulah kasih yang sejati. Marilah kita bersyukur atas hal ini dan berdoa untuk beberapa pokok doa dalam minggu ini. Tuhan Yesus memberkati.

Pemimpin Redaksi KADOS,
Santi T.
< santi(at)in-christ.net >
< http://doa.sabda.org >


9 Februari 2015 -- Keluarga Penderita Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang sulit disembuhkan dan menjadi momok bagi sebagian besar masyarakat dunia. Biaya pengobatan yang mahal, rasa sakit yang dialami penderita, dan tingkat kematian yang tinggi, sering kali membuat anggota keluarga para penderita kanker kehilangan sukacita dan damai sejahtera. Mari kita berdoa agar damai sejahtera dan pengharapan dari Tuhan senantiasa meliputi keluarga penderita kanker. Kiranya kasih, pemeliharaan, kekuatan, dan penghiburan yang dari Tuhan saja yang akan selalu menyertai hari-hari mereka, sehingga apa yang mereka alami dan lalui akhirnya dapat menjadi kesaksian yang indah serta berkat bagi orang-orang di sekitar mereka.

10 Februari 2015 -- Karakter Pekerja Kristen

Banyak orang Kristen memiliki panggilan untuk berkarya di bidang sekuler. Ada yang bekerja di bidang bisnis dan wirausaha, di bidang seni dan ekonomi kreatif, pariwisata, sektor usaha dan industri, sektor jasa dan layanan publik, dan berbagai jenis bidang lainnya. Apa pun panggilan yang mereka kerjakan dan lakukan dalam berkarya dan bekerja, marilah kita berdoa agar anak-anak Tuhan ini dapat selalu memancarkan kasih dan kebenaran Tuhan dalam karakter dan karya mereka, sehingga banyak orang semakin tertarik datang untuk mengenal Kristus. Biarlah Tuhan senantiasa memelihara dan menumbuhkan kerohanian mereka, agar semakin dapat berakar, bertumbuh, dan berbuah di dalam Kristus, bahkan di tengah-tengah kondisi sekuler atau lingkungan kerja yang kurang kondusif.

11 Februari 2015 -- Sekolah bagi Anak-Anak Difabel

Anak-anak difabel adalah anak-anak yang dianugerahkan Tuhan dengan kebutuhan khusus yang berbeda dari anak-anak normal. Mereka membutuhkan pendidikan dan metode pembelajaran yang berbeda dari pendidikan umum, yang biasanya disediakan di Sekolah Luar Biasa (SLB). Beberapa SLB khusus sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia walau dengan jumlah yang masih kurang memadai untuk menampung berbagai jenis kebutuhan pendidikan khusus yang dibutuhkan oleh anak-anak difabel. Untuk itu, mari kita berdoa agar semakin banyak SLB yang didirikan di berbagai kota untuk mendidik dan mempersiapkan anak-anak difabel yang memiliki beragam kebutuhan dan kompleksitas. Berdoalah agar ada semakin banyak pribadi yang tersentuh, baik untuk mendirikan sekolah, menjadi tenaga pengajar, maupun untuk menyediakan dana dan upaya bagi pengembangan SLB di berbagai tempat.

12 Februari 2015 -- Rencana Pembangunan Tol Laut di Indonesia

Pemerintahan Presiden Joko Widodo berencana mengembangkan dan membangun tol laut untuk semakin mempermudah jalur transportasi laut di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Dengan adanya tol laut ini, diharapkan jalur distribusi melalui laut akan semakin efektif dan efisien sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang tersebar di berbagai kepulauan. Mari kita mendukung wacana ini dengan berdoa, agar Tuhan memberi hikmat kepada pemerintah dan pihak-pihak yang terkait dengan rencana tersebut, sehingga pembangunan tol laut ini sungguh-sungguh bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Doakan agar prosesnya senantiasa diwarnai dengan semangat kejujuran, keadilan, dan transparansi sehingga akan mencapai hasil yang maksimal dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

13 Februari 2015 -- Cadangan Air Bersih Bumi

Bumi sedang mengalami krisis air bersih di berbagai tempat. Ketidaksadaran atau ketidakmampuan manusia dalam mengelola air hujan dan lingkungan adalah penyebab terbesar dari masalah tersebut. Banyak air hujan yang jatuh sia-sia, yang menjadi banjir atau dialirkan begitu saja ke sungai dan laut tanpa disimpan kembali sebagai cadangan air bersih bumi. Untuk itu, mari berdoa, agar kesadaran masyarakat semakin tinggi dalam meningkatkan cadangan air bersih ke dalam bumi, terutama di lingkungan masing-masing. Doakan pula agar pemerintah mampu melakukan kebijakan yang nyata untuk masalah ini, yang mampu mendorong dan meningkatkan peran serta masyarakat untuk menjaga kelestarian air bersih di dalam tanah.

14 Februari 2015 -- Hari Valentine (Kasih Sayang)

Allah telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal untuk menyelamatkan setiap orang percaya. Melalui karya besar ini, Allah telah membuktikan kasih-Nya kepada kita. Sudah seharusnya kita meneladani karakter Allah dengan mengasihi sesama kita, dengan kasih yang telah kita terima dari Allah. Kasih Allah tidak membeda-bedakan dan tidak bergantung pada waktu. Kasih Allah tak berkesudahan. Sebagai orang percaya, marilah kita menyikapi hari Valentine (kasih sayang) yang jatuh pada hari ini dengan bijaksana. Jika beberapa orang mau mengasihi "dengan lebih" hanya di hari spesial ini, kita harus mengasihi setiap orang setiap hari. Allah selalu mengasihi kita, maka kita pun harus selalu mengasihi sesama kita. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar pada hari Valentine ini, setiap orang percaya bisa memanfaatkan hari ini untuk berbagi kasih dan kebaikan Tuhan. Berdoalah pula agar setiap orang yang belum mengenal Kristus boleh melihat kasih-Nya melalui sikap, perkataan, dan pemberian dari orang-orang yang mengasihi mereka.

15 Februari 2015 -- Budayawan Kristen

Budayawan Kristen menjadi bagian dari orang percaya yang memiliki akses ke masalah-masalah budaya, etika, dan dinamika masyarakat yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Mereka memiliki peluang besar untuk menjadi garam dan terang dari kebenaran firman Tuhan, bahkan menjadi saksi Kristus bagi masyarakat yang belum mengenal Dia karena bidang yang mereka geluti. Karena itu, mari kita berdoa, agar para budayawan Kristen ini memiliki karakter sebagai pengikut Kristus yang sejati dalam kiprah dan karya mereka sehingga mereka akan menjadi saksi yang berguna bagi Kristus. Biarlah hikmat dan pertolongan Tuhan senantiasa mengiringi langkah mereka dalam berkarya dan berwacana sehingga kasih Kristus akan nyata dalam peran mereka sebagai budayawan.

Tidak ada komentar: