Selasa, 14 Juli 2015

TURKESTAN: KRISTUS YANG HIDUP

Hasil gambar untuk TURKESTAN: KRISTUS YANG HIDUP
TURKESTAN: KRISTUS YANG HIDUP

Turkestan adalah kawasan berpenduduk 200 juta orang, terdiri atas 227 kelompok masyarakat Turkic dalam 15 bangsa. Kawasan itu membentang sejauh 4.000 mil melintas Asia Tengah, mulai dari Pegunungan Altai di perbatasan bagian Barat Mongolia, melalui kawasan Caucasus, masuk ke Turki modern dan negara-negara Balkan di Eropa.

Semenjak penaklukan Ottoman terhadap Konstantinopel pada tahun 1453, orang Turk Muslim telah mengklaim Turkestan sebagai benteng pertahanan Islam. Namun, selama dua dasawarsa yang lalu, Roh Tuhan telah berkobar di Turkestan, menarik ribuan orang Turk di Asia Tengah menuju hidup baru di dalam Yesus Kristus.

Kebangkitan ini berawal pada tahun 1940-an ketika Josef Stalin merelokasi ribuan kaum evangelikal German ke Asia Tengah. Ia bermaksud untuk mengasingkan mereka ke daerah pedalaman Turkestani, dan tanpa disadari memosisikan mereka di tengah-tengah satu konsentrasi Muslim terbesar di dunia.

Setelah runtuhnya negara Tirai Besi pada tahun 1989, ribuan utusan Injili Barat masuk ke Asia tengah untuk pertama kalinya, membawa berbagai terjemahan Alkitab, media Injil, dan pelayanan-pelayanan yang menyalurkan kasih dan kepedulian Yesus Kristus.

Sekarang ini, banyak gereja telah ditutup dan para pelayan dari Barat diusir keluar, tetapi orang-orang Kristen Turkestan yang berlatar belakang Muslim tetap berhimpun di dalam persekutuan-persekutuan bawah tanah, dan secara sembunyi-sembunyi berbagi kasih dan Injil dengan teman-teman dan keluarga-keluarga mereka.

Ketika ditanya mengenai sarana apa yang Tuhan pakai untuk membawa mereka beriman kepada Yesus Kristus, orang-orang Kristen Turkestan yang berlatar belakang Muslim menjelaskan tentang peranan mimpi, pentingnya memiliki Perjanjian Baru dalam bahasa mereka sendiri, menyaksikan film Yesus, dan beberapa faktor lainnya. Akan tetapi, hal terpenting yang menghubungkan setiap kesaksian adalah menemukan Kristus yang hidup, yang telah mendengar dan menjawab doa mereka. Kristus yang hidup itu telah menjamah bagian terdalam jiwa mereka yang tak akan pernah dapat diisi oleh segala sesuatu yang lain.

POKOK DOA

1. Doakanlah kepada Tuhan Yesus untuk orang-orang percaya berlatar belakang Muslim dan gereja-gereja Turkestan yang mengalami aniaya.

2. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar tekanan terhadap misi Kristen untuk orang Turkestan mengakibatkan orang Kristen Turkestan setempat yang berlatar belakang Muslim tergerak untuk memberitakan Injil dengan berani.

3. Berdoalah kepada Yesus Kristus bagi ribuan desa di Turkestan yang belum memiliki saksi Injil dalam bentuk apa pun.

Tidak ada komentar: