Senin, 04 Agustus 2014

KADOS -- Edisi 213 (4 -- 10 Agustus 2014)

KADOS -- Edisi 213 (4 -- 10 Agustus 2014)

Salam kasih Kristus,

Sadarkah kita bahwa setiap hari, selalu ada hal baru yang bisa kita pelajari? Jika kita peka akan hal ini, betapa banyaknya ilmu dan pengalaman yang sudah kita serap dan alami setiap hari. Sering kali, kita terlalu sibuk dengan kegiatan rutin kita sehingga kita lalai untuk belajar, bahkan memaknai hari ini dengan cara pandang yang baru. Marilah kita meminta hikmat dari Tuhan agar kita dimampukan untuk melihat dan memaknai hari-hari kita dengan lebih bijak lagi. Percayalah bahwa Tuhan menyediakan banyak kesempatan kepada kita untuk memberitakan kebenaran-Nya melalui peristiwa hidup kita sehari-hari. Selamat berdoa. Tuhan Yesus memberkati.

Pemimpin Redaksi KADOS,
Santi T.
< santi(at)in-christ.net >
< http://doa.sabda.org >


4 Agustus 2014 -- Pengusaha Roti di Indonesia

Selain nasi, roti menjadi salah satu makanan primer bagi manusia. Biasanya, orang akan mengonsumsi roti, sebagai pengganti nasi, ketika mereka merasa lapar karena roti mengandung karbohidrat. Di Indonesia, banyak sekali jenis roti yang bisa kita jumpai, baik di mall, mini market, maupun pasar-pasar tradisional. Para pengusaha roti pun tentu selalu berjuang untuk tetap kreatif dan inovatif dalam memproduksi roti-roti mereka. Meski demikian, tak sedikit pengusaha roti yang cenderung mengutamakan laba daripada kualitas, dengan menambahkan bahan-bahan pengawet dalam rotinya sehingga roti dapat tahan lama. Marilah kita berdoa untuk semua pengusaha roti di Indonesia agar mereka tetap mengutamakan kualitas roti dan kesehatan konsumen dengan tidak berbuat curang dalam proses produksi.

5 Agustus 2014 -- Hari Dharma Wanita Nasional

Karena perjuangan RA. Kartini, kini wanita Indonesia dapat berperan aktif dalam banyak bidang kehidupan. Bahkan, beberapa wanita sudah menduduki posisi-posisi penting dalam pemerintahan dan dipercaya untuk menolong rakyat dalam memperoleh kesejahteraan hidup. Bertepatan dengan hari Dharma Wanita Nasional, kiranya semua wanita Indonesia semakin menyadari peran mereka dan dapat melakukan tugas mereka secara maksimal. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar para wanita di Indonesia dapat semakin maju, baik dalam hal kemampuan, pendidikan, budi pekerti, maupun spiritual. Kiranya para wanita di Indonesia, khususnya wanita Kristen, dapat menjadi teladan yang baik sehingga banyak orang boleh melihat karya Tuhan dan diberkati.

6 Agustus 2014 -- Penjual Daging Sapi

Daging sapi menjadi salah satu jenis daging yang digemari oleh masyarakat. Banyak olahan makanan dan sayur yang memanfaatkan daging sapi sebagai pelengkapnya. Meski sangat diminati, tidak dimungkiri bahwa ada daging sapi yang kurang sehat, yang beredar di pasaran. Daging sapi tersebut biasanya sudah busuk dan diberi bahan pengawet supaya terlihat lebih segar, meski kesegarannya jauh di bawah daging sapi yang masih baru. Untuk itu, marilah kita berdoa agar para penjual daging sapi tetap mengutamakan kualitas dan kesehatan para konsumennya. Kiranya para penjual daging sapi tidak lagi berbuat curang, tetapi mereka dapat bersikap jujur dalam berjualan.

7 Agustus 2014 -- Tanggung Jawab Memelihara Tata Kota

Tata kota yang rapi, indah, dan elegan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah kota, melainkan tanggung jawab seluruh masyarakat kota. Tata kota yang baik dapat mencerminkan keadaan masyarakat kota yang menempatinya. Tidak mengherankan jika melalui tata kota yang baik, sebuah kota menjadi lebih dikenal dan bisa memperoleh penghargaan. Di Indonesia, banyak sekali kota yang sudah mulai tersusun rapi, salah satunya adalah tata kota di Surabaya (taman kota) yang sudah diakui oleh dunia internasional. Marilah kita berdoa untuk semua pemerintah kota dan masyarakat di Indonesia agar bisa bekerja sama dalam mewujudkan tata kota yang baik. Kiranya kerja sama mereka senantiasa dapat dikembangkan sehingga banyak kota di Indonesia boleh mengalami kemajuan.

8 Agustus 2014 -- Gambar-Gambar Alkitab untuk Anak Sekolah Minggu

Anak-anak cenderung menyukai cerita dalam bentuk visual, misalnya Alkitab bergambar dan film Yesus. Sebagai guru sekolah minggu, marilah kita peka akan hal ini dan bisa memanfaatkan media-media dalam bentuk visual untuk mengajarkan kepada anak mengenai kebenaran firman Tuhan. Saat ini, banyak sekali kita jumpai potongan-potongan gambar seri Alkitab di toko-toko buku Kristen maupun di toko buku gereja. Gambar-gambar tersebut memiliki sedikit ringkasan cerita Alkitab dan bisa diwarnai juga oleh anak-anak. Gambar-gambar Alkitab semacam ini bisa dipergunakan oleh guru-guru SM dalam mengajar sekolah minggu. Marilah kita berdoa agar Tuhan memberi hikmat kepada para guru SM untuk semakin peka terhadap kebutuhan anak SM. Kiranya mereka dapat memanfaatkan gambar-gambar Alkitab dan media visual lainnya untuk menyampaikan kebenaran firman Tuhan kepada anak-anak SM.

9 Agustus 2014 -- Lembaga Kristen yang Sedang Berkembang

Salah satu faktor pendukung kemajuan pelayanan di Indonesia adalah adanya lembaga/organisasi Kristen yang senantiasa menopang dan menolong dalam bidang-bidang tertentu. Adanya lembaga Kristen menjadikan pelayanan di Indonesia boleh diperlengkapi, baik dari sisi SDM, bahan pelayanan, maupun fasilitas-fasilitas pelayanan lainnya. Sebagai orang percaya, marilah kita berdoa, khususnya untuk lembaga-lembaga Kristen yang sedang berkembang, agar mereka semakin maju dalam mendukung pelayanan di Indonesia. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar lembaga-lembaga Kristen di Indonesia bisa saling bekerja sama dalam mengemban Amanat Agung Kristus, supaya banyak jiwa boleh mengenal Kristus.

10 Agustus 2014 -- Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Teknologi bisa menjadi salah satu tolok ukur kemajuan sebuah bangsa. Bangsa yang maju pasti akan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih. Bertepatan dengan hari Teknologi Nasional yang kita peringati pada hari ini, marilah kita menyadari bahwa teknologi sudah menguasai banyak aspek kehidupan sehingga mau tak mau, kita pun harus mengikuti arus ini. Namun, kita harus bijaksana dan meminta hikmat dari Tuhan untuk menyikapi keadaan ini. Sebagai orang Kristen, kita harus bisa memanfaatkan teknologi untuk memuliakan nama Tuhan, bukan untuk melakukan hal-hal yang tidak berkenan di hadapan-Nya. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar Roh Kudus senantiasa memimpin kita supaya kita bisa memanfaatkan teknologi dengan bijaksana dan benar. Berdoalah pula agar kita bisa menggunakan teknologi untuk menjangkau orang lain untuk mengenal kebenaran firman Tuhan.

Tidak ada komentar: