Jumat, 28 Juni 2013

Berdoa bagi SUKU SUNDA

 
40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SABTU, 29 JUNI 2013

SUKU SUNDA

Suku Sunda merupakan etnis kedua terbesar di Indonesia dan terkenal dengan keramahannya. Orang-orang Sunda lebih menekankan kekeluargaan dan keterbukaan dalam hubungan sosial mereka, berbeda dengan orang Jawa yang cenderung lebih formal dan hierarkis. Meski mereka tinggal di Pulau Jawa, orang Sunda tidak menganggap tempat mereka tinggal sebagai "Jawa", tetapi "tatar Sunda" (tanah Sunda), dengan budayanya sendiri. Seseorang yang pindah dari Jawa Barat ke Jawa Tengah atau Jawa Timur dikatakan telah pindah "ke Jawa". Istilah yang sering terdengar di antara orang Sunda "kaya atau miskin, makan atau tidak makan, yang penting kumpul". Mereka sangat gemar berkumpul pada malam yang dingin untuk santai dan berbicara bersama. Mereka juga senang untuk kumpul dan tinggal bersama dalam satu keluarga. Di desa-desa, kebanyakan dari mereka, baik pria maupun wanita, berasal dari satu nenek moyang. Kebanyakan orang Sunda yang tinggal di pedesaan adalah petani dan nelayan, tetapi ada banyak juga yang bekerja sebagai pegawai negeri, pedagang, dan pengusaha di kota besar. Rendahnya tingkat pendidikan menyebabkan banyak pengangguran dan masalah sosial. Dalam masyarakat Sunda, ada tiga pihak berwenang dengan pengaruh kuat: (1) para pemimpin agama Islam, seperti guru, pengkhotbah, atau pemimpin ibadah, (2) para pejabat pemerintah daerah, seperti bupati dan staf bupati, (3) dukun dengan kemampuan supernatural dan guru seni bela diri.

Sekurang-kurangnya, 19,91 persen penduduk Indonesia merupakan orang Sunda. Mayoritas orang Sunda beragama Islam, yaitu sekitar 94 persen. Banyak di antara mereka adalah "santri" dan mereka kuat dalam ajaran Islam. Namun, masih ada banyak pula Muslim yang disebut "abangan". Mereka ini masih berpegang pada "pre-Islamic", senang mengunjungi kuburan leluhur dan berdoa minta berkat, mengunjungi peramal untuk kebaikan dan kekayaan. Sebagai tambahan, ada suatu kelompok orang Sunda di daerah tertentu yang memiliki kepercayaan tersendiri (suatu campuran Hindu dan kepercayaan animisme). Orang Sunda juga percaya bahwa memiliki karakter Sunda (kasundaan) adalah jalan terbaik dalam hidup. Karakter-karakter tersebut adalah "cageur" (sehat), "bageur" (baik), "beneur" (benar), "singeur" (introspeksi), dan "pinteur" (cerdas).

Berikut ini beberapa referensi bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Suku Sunda dan juga bahan-bahan yang dapat mendukung pelayanan untuk Suku Sunda.

1. Sejarah Suku Sunda: http://www.sabda.org/misi/sejarah_suku_sunda

2. Sunda of Indonesia: http://www.joshuaproject.net/people-profile.php?peo3=15121&rog3=ID

3. Audio Alkitab dalam Bahasa Sunda:
a. Audio Alktiab Sunda Full: http://audio.sabda.org/download_audio_alkitab_bahasa_sunda_full
b. Audio Alkitab Sunda untuk HP: http://media.sabda.org/alkitab_audio/sunda/pb/mp3/mobile/
c. Audio Perjanjian Baru untuk Sunda: http://www.talkingbibles.net/files/0080/NT/NT.html
d. Audio Perjanjian Baru untuk Sunda: http://www.bible.is/SUNIBS/Matt/1

4. Alkitab teks (digital) dalam Bahasa Sunda:
a. Teks Alkitab Bahasa Sunda 1991: http://alkitab.mobi/sunda/
b. Teks Alkitab Bahasa Sunda Formal 1997: http://alkitab.mobi/sunda2/
c. Download PDF Alkitab Bahasa Sunda 1991: http://alkitab.mobi/2/download/pdf/sunda/
d. Download PDF Alkitab Bahasa Sunda Formal 1997: http://alkitab.mobi/2/download/pdf/sunda2/

5. Beberapa rekaman audio/vidoe lainnya:
a. Good News Sunda -- Cerita Alkitab Audio dan Pelajaran Alkitab: http://globalrecordings.net/en/program/C19290
b. Film Yesus dalam Bahasa Sunda: media.inspirationalfilms.com/?id=suo00
c. Film Rohani Kristen Bahasa Sunda (Together Again Because of God): http://www.youtube.com/watch?v=mPPCa53vQlw&list=PLCF20819489FDF2D5&index=44
d. Sumber-sumber lainnya: http://globalrecordings.net/en/language/689

POKOK DOA
1. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar masyarakat Sunda dapat mendengar dan merespons Kabar Baik tentang Yesus Kristus yang telah mereka dapatkan dari para penginjil maupun orang percaya.

2. Berdoalah agar Tuhan Yesus memberikan hikmat kepada para pekerja Kristen yang melayani orang Sunda. Kiranya para pekerja Kristen tersebut peka dengan budaya setempat dan berhikmat dalam melayani orang-orang Sunda, khususnya yang di pedesaan. (Roma 13:7-10)

3. Mari kita memohon kepada Tuhan Yesus agar orang Kristen yang berhubungan dengan orang Sunda berani untuk berdoa dan bersaksi kepada tetangga mereka.

4. Berdoalah untuk memohon perlindungan, hikmat, dan penghiburan dari Tuhan Yesus bagi para pekerja Kristen dan umat percaya yang menghadapi kesulitan di daerah tertentu.

5. Kiranya sumber-sumber informasi untuk pelayanan kepada orang Sunda, baik itu audio Alkitab, traktat, teks Alkitab, film Yesus, artikel-artikel, dan lain sebagainya, dapat menjadi alat Tuhan yang efektif dalam pengabaran Injil di Suku Sunda.


Dirangkum dari:
1. __________. "Sunda of Indonesia". Dalam http://www.joshuaproject.net/people-profile.php?peo3=15121&rog3=ID
2. __________. "Orang Sunda di Indonesia". Dalam http://www.sabda.org/publikasi/40hari/2005/14
3. __________. "Suku Sunda". Dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Sunda

Tidak ada komentar: