Sabtu, 27 Mei 2017

GERAKAN SAYA BERDOA

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- JUMAT, 26 MEI 2017

GERAKAN SAYA BERDOA

Gerakan saya berdoa (GSB) adalah ”saya pribadi berkomitmen mendoakan secara konsisten nama-nama orang yang menjadi fokus dan gol doa saya".

"Gerakan Saya Berdoa = GSB” lahir dalam perjalanan doa “40 Hari Mengasihi Bangsa-Bangsa dalam Doa”. lni adalah rangkuman dan tindak lanjut dari berbagai strategi doa yang sudah ada dalam panduan buku doa 40 hari setiap terbitnya. Tubuh Kristus sedunia sudah setia mendoakan saudara/i Muslim lebih dari dua puluh tahun hijriah. Dalam kasih dan anugerah-Nya, setiap pendoa terus diarahkan untuk mengembangkan tanggung jawab doa pribadi yang berfokus pada nama-nama orang yang didoakan.

Kita memiliki dua jalur fokus doa dengan satu gol. Gol kita adalah semua nama orang yang kita doakan pada akhirnya akan selamat dan berdiri bersama kita menyembah di hadapan takhta Anak Domba dan menikmati sukacita kekal dalam Kerajaan surga (Why. 21:1-4). Jalur fokus doa pertama adalah mendoakan mereka yang belum percaya, belum mengakui dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi (1 Yoh. 2:22, 4:3; 2 Yoh. 1:7; Rm. 10:9,10). Jalur fokus doa kedua adalah mereka yang sudah mengakui Yesus sebagai Tuhan, tetapi masih tertawan dalam dunia kegelapan dan gaya hidup duniawi yang berlawanan dengan ajaran Tuhan Yesus (2 Tim. 3:2-7).

Setiap kita hidup dan berinteraksi dalam beberapa lingkaran sosial yang saling terhubung dengan diri kita. Dalam tiap lingkaran tersimpan nama-nama orang yang dapat kita doakan. Mintalah Roh Kudus menaruhkan dalam hati Anda lingkaran mana yang harus Anda adopsi dan doakan?

Tulis sebanyak mungkin nama-nama lengkap (bukan nama panggilan), dari orang-orang yang akan menjadi fokus doa Anda. Buatlah bank data dan file nama sesuai kelompok agar memudahkan saat akan didoakan.

Lingkaran yang mengitari kita:

1. Dalam hubungan keluarga.

Mereka yang memiliki pertalian darah dalam keluarga inti dan keluarga besar, memiliki fam/marga yang sama dengan Anda.

2. Di lingkungan tinggal.

Para tetangga rumah/apartemen tinggal Anda. Akan memudahkan bila meminta data kependudukan dari RT/RW/Kelurahan, desa/kecamatan, dst.. Tergantung tanggung jawab lingkaran doa yang Anda terima dari Tuhan.

3. Di tempat belajar formal dan nonformal.

Para: pengajar, pelatih, pembimbing, dan teman-teman sekolah dari TK sampai perguruan tinggi.

4. Lingkungan pekerjaan di berbagai bidang.

Politik (eksekutif, legislatif, yudikatif), ekonomi (bank, pajak, bea cukai), pendidikan (pemerintah, swasta), hukum (hakim, jaksa, pengacara, notaris). Keamanan (POLRI, TNI), medis (dokter, perawat), seni, media dan hiburan, transportasi, olahraga, dsb., baik di pemerintah maupun swasta tempat Anda bekerja. Para pemimpin, atasan, rekan sejawat, dan bawahan.

Dalam ”Gerakan Saya Berdoa", setiap pendoa berpotensi menciptakan berbagai jaringan dan gerakan doa, seperti jaringan doa: keluarga, fam/marga, desa-kampung, suku, kantor, profesi, dll..

Tidak ada komentar: