Selasa, 02 Juni 2009

Pokok Doa Missi Juni 2009

Eropa
 Jerman (82,5 juta), Ibu kota Berlin (3,4 juta), agama: Kristen 33%, Katolik 33%, tanpa agama 28%. Kel. Jakob Octavianus, YPPII/WEC bekerja di antara orang imigran. Kel. Pdt. S. Obadja mengucapkan syukur untuk pintu-pintu pelayanan misi yang telah dibukakan Tuhan bagi mereka selama 20 tahun di Jerman & Eropa, sehingga penanaman jemaat GMI telah dapat menjangkau 10 kota (8 kota di Jerman & 2 kota di Belanda). Berdoa secara khusus untuk penjangkauan jiwa-jiwa dan pemuridan di pos-pos penanaman Misi GMI di Nürnberg, Hannover & Köln-Bonn. Perlu tambahan pekerja untuk setiap kota. Informasi bisa dilihat di website gereja GMI: www.gereja-misi-indonesia.org.
 KM LOGOS HOPE mengunjungi Cardiff, Inggris, s/d 09.06., London, Inggris, 11-29.06, Cork, Irlandia, 1-14.07., Kingstown, Saint Vincent and the Grenadines, 30.07.-12.08., St Georges, Grenada, 13.-25.08. Di Klaksvik, Faeroe Islands, orang Kristen ahli, membersihkan silinder dari mesin sebagai kontribusi sukarela. Sebagian dahulu pernah naik kapal ini, waktu itu masih dimiliki oleh Faeroe Islands.
 Moldavia (3,8 juta,), Ibu kota Chisinau (0,6 juta), agama: Ortodoks 70,4%, Katolik 5,8%, Kristen 3,2%. Bapak Butje L. dan Ibu Liuba (O.M. Indonesia) bertanggung jawab di keuangan dan IT. Mereka sekeluarga cuti ke Indonesia dari akhir Mei sampai pertengahan Agustus 2009. Kerinduan mereka supaya orang tua Bapak Butje boleh melihat cucu mereka secara langsung tidak hanya lewat photo saja. Mereka mau bertemu dengan orang tua, keluarga, gereja dan sahabat mereka di Indonesia.
 Rusia (140 juta), Ibu kota Moskow (10,4 juta), agama: Ortodoks 41%, Katolik 1%, Kristen 0,7%, Islam 15%, Budhis 0,7%, Animis 1%, tanpa agama 31%. Tahun ini sudah 500 jemaat diperiksa, apakah mereka termasuk Kristen bidat, karena Kristen bidat dilarang dan kebaktian mereka ditutup. Jemaat lain juga akan diperiksa. Secara umum semua orang Kristen yang bukan Ortodoks dinilai sebagai orang bidat, karena itu semua penduduk bersifat negatif terhadap orang Kristen. Sudah dilatih beberapa orang Kristen setempat menjadi perekam, agar mereka bisa merekam cerita Injil dalam berbagai bahasa dari suku-suku di Siberia. Daerah Siberia luas betul, jalan hanya sedikit, musim dingin lama dan keras betul, jarak dari pemukiman satu yang lain selalu jauh. Banyak orang kecanduan minuman keras, banyak orang mati, karena minuman keras. Tidak ada negara lain yang minum sebanyak alkohol daripada Rusia. Akibat lain banyak kekerasan, AIDS berkembang, penjara terlalu penuh.
 Georgia, Kaukasus, (5,2 juta), Ibukota Tbilisi (1,2 juta), agama: Ortodoks 57%, Katolik 0,9%, Kristen 0,5%, Islam 20%, tanpa agama 20%. Untuk pertama kali satu bagian Alkitab dicetak dengan huruf Braille buat orang buta, yaitu keempat Injil. Malah dalam acara berita di televisi disiarkan bagaimana dua orang pemuda yang buta bisa membacakan satu bagian dari Injil Matius di muka umum.
 Yunani (10,7 juta), Ibukota Athena (3 juta), agama: 97% Ortodoks, 1,2% Islam, 0,4% Katolik, 0,15% Kristen. Agama Ortodoks dicampuri dengan adat, penyembahan roh/arwah orang Suci dan salah pengertian Alkitab yang mengakibatkan bahwa di antara orang Yunani hampir tidak ada yang mempunyai hidup abadi. Di negara ini ada banyak orang Albania yang bekerja di bidang pembangunan, tetapi sekarang ini karena krisis, hampir semua pembangunan sudah berhenti. Mereka kehilangan pekerjaan. OM mencoba membantu mereka-mereka yang sekarang terlantar.

Afrika
 Guinea-Bissau (1,7 juta), Ibu kota Bissau (0,4 juta), agama Islam 48%, Animis 42%, Katolik 7%, Kristen 2,5%. Bapak Pdt. Titus Dima, WEC, tetap mengajar setiap hari di Youth Center untuk menyiapkan anak muda buat masa depannya. Steven yang membantu dalam mengajar bahasa Inggris sudah kembali ke Kanada, dengan demikian Bapak Titus harus mengajar dua kelas dalam waktu pada pagi dan sore hari sedangkan pada malamnya ada kebaktian di gereja. Doakanlah Bapak Titus agar Tuhan menolong dan memberikan kekuatan. Nanti pada bulan September akan seorang dari Amerika akan datang menolong selama setahun. Doakan semua persiapannya untuk masuk ke negara yang total berbeda dengan Amerika. Selama bulan April dan Mei ada 4 petobat baru di gereja, mereka membutuhkan pemuridan. Pdt. Armandinho, Ingore, sedang mengurus visa ke Portugal untuk perawatan. Ibu Ritha M., WEC, sedang di Amerika untuk mengikuti kursus konseling. Pada tanggal 20 Juni ia akan kembali ke Guinea-Bissau. Sesudah kembali ia akan kembali melayani di antara orang Fulakunda, satu keluarga sebagai kawan pelayanan sudah dipanggil TUHAN dan belajar bahasa Pulaar, bahasa orang Fulakunda. Ibu Salomi T., WEC, sudah kembali ke ladangnya. Beban pelayanan adalah orang Susu dan Nalu. Ia sudah pindah ke tempat, di mana tidak ada orang Kristen sama sekali.
 Senegal (13 juta), Ibukota Dakar (3 juta), agama Islam 95%, Katolik 4,5%, Kristen 0,1%. Suku Tukulor (0,9 juta) tinggal di bagian Utara, sebagian besar di daerah pantai sungai Senegal. Hampir tidak ada orang Kristen di antara mereka, meskipun ada PB, kaset dan film Yesus dalam bahasa mereka, yaitu bahasa Pulaar. Tolong doakan mereka, agar mereka menjadi terbuka terhadap Injil, bahwa akan pemberita Injil lagi bisa dikirim kepada mereka dan mereka dilepaskan dari kuasa gelap.
 Ghana (17,5 juta), agama Kristen 27,9%, Katolik 18,7%, Islam 16%, Animis 20%, bidat 17,4%. Di antara suku Frafra (800,000) jemaat-jemaat bertumbuh, di dalam bahasa mereka sudah dicetak Alkitab, dengan demikian melalui Firman TUHAN ini mereka bisa bertumbuh dalam iman.
 Nigeria (155 juta), Ibukota Abuja (0,5 juta), Agama: Islam 45%, Kristen 28%, Katolik 12%, bidat 11%. Sesudah kerja keras satu tim penerjemah dapat menyelesaikan penerjemahan Alkitab dalam bahasa Rubassa. Alkitab sudah diserahkan kepada publik. 100,000 orang memakai bahasa ini. Di Nigeria ada 434 bahasa, tetapi baru 19 bahasa mempunyai Alkitab. Masih banyak kerja untuk masa depan.
 Somalia (8,3 juta), Ibukota Mogadishu (1,2 juta), agama Islam. Perang saudara di antara suku dan gerombolan pemberontak belum reda. Kekerasan yang terjadi di Somalia terus berlangsung dan bertambah terus. Sering juga kapal lepas pantai ditahan dan baru dilepaskan sesudah membayar.
 Eritrea (4,9 juta), agama: Islam 51%, Ortodoks 40%, Katolik 4,6%, Kristen 1,5% (Injili 20 000 orang), Animis. Puji TUHAN, bulan April 70 orang Kristen sesudah enam bulan di penjara dilepaskan, di antara mereka dua orang Kristen berumur 80 tahun. Tetapi jangan berhenti berseru, karena sekarang ini masih 3000+ tahanan Kristen yang tetap menderita, hanya karena mereka berbakti dan berdoa bersama. Sudah diketahui bahwa delapan orang sudah mati di dalam penjara.
 Zimbabwe (12 juta), Ibukota Harare (1,3 juta). Penyakit Kolera masih berkembang dalam negara ini. Lebih dari 4000 orang mati karena Kolera, lebih dari 90,000 orang sakit Kolera, di tambah dengan 4,000 sehari, tetapi hanya penderita dihitung yang sampai ke rumah sakit. Sebenarnya penyakit ini bisa diobati, tetapi di pos pelayanan medis sering tidak ada persediaan obat. Untuk membuat Oralit sering garam dan gula tidak tersedia. Seorang penginjil jatuh sakit Kolera, ia berjuang dengan maut, tetapi ia menceritakan Injil kepada semua orang di desanya. Melalui kuasa TUHAN ia sendiri menjadi sembuh, 15 orang bertobat, sekarang ini di rumahnya sudah dimulai dengan kelompok PA. Perekonomian Zimbabwe terus mengalami kemorosotan selama beberapa waktu ini. Inflasi negeri ini terus meningkat hingga 2,2 juta persen, yang menjadi inflasi tertinggi di dunia. Akibat inflasi yang tinggi tersebut, bank sentral Zimbabwe baru-baru ini mengeluarkan uang kertas baru dengan nominal 100 miliar dolar Zimbabwe, yang menjadi uang dengan nominal terbesar di dunia. Baru-baru ini dari dollar Zimbabwe 12 nol dihapus dan dicetak uang kertas baru. Karena penduduk takut dengan perkembangan inflasi seterusnya, sekarang ini sering dipakai dolar Amerika atau Euro.
Afrika Selatan (47 juta), kota besar: Pretoria (2 juta), Cape Town (2,9 juta). Bapak & Ibu Pdt. N. Rajagukguk (WEC Indonesia): Pengaruh Islam dan agama Animist menambah terus. Bapak Nim melayani di antara kelompok target. Bapak Nim menjadi ketua pemilihan di Konselat Indonesia di Cape Town, bulan Juli akan pemilihan presiden di Indonesia, orang Indonesia di Afrika Selatan bisa memberikan suara di situ. Ibu Nur tetap mengunjungi orang target di RS. Doakan juga untuk pendidikan, kesehatan serta pertumbuhan iman anak-anak mereka, yaitu Stevi, Sony dan Rebecca.
 Ethiopia (74,3 juta), Ibukota Addis Adeba (3 juta), agama: Ortodoks 57%, Islam 31%, Kristen 20%, Animism 3%. Negara ini lama dikenal sebagai negara, di mana ada toleransi tinggi antara agama berlainan, sayang, akhirnya berulang kali ada serangan antara agama, dan khususnya orang Injili menderita, karena diserang oleh anggota agama Islam atau anggota agama Ortodoks.
Timur Tengah dan Afrika Utara
 Maroko (31 juta), Ibu kota Rabat (1,4 juta), agama 99% Islam, Katolik 0,3%. Pada tanggal 28 Maret lima wanita (empat dari Spanyol dan satu dari Jerman) diusir dari negara ini. Karena di kota Casablanca mereka hadir dalam satu persekutuan pemahaman Alkitab dengan 23 orang Kristen. Polisi memberitakan, bahwa mereka bisa menyita bahan propaganda Kristen. Sebenarnya berdasar peraturan di Maroko boleh berkumpul untuk membaca Alkitab.
Aljazair (33,7 juta), Ibu kota Algiers (3 juta, ratusan orang Kristen tinggal di Ibu kota), penduduk orang Arab 70%, orang Berber 25%, Touareg 3%, agama Islam 99,6%, orang Kristen k.l. 70 000 orang. Setiap tahun dibaptis 1500 orang baru. Banyak tantangan buat orang Kristen, ada ancaman dipenjarakan. Seorang Kristen berkata kepada orang yang berwajib, kalau kalian mau menangkap semua orang Kristen, kalian harus membangun sekian penjara baru, karena kami berkembang dengan luar biasa. Para pelayan dengan setiawan membagikan rekaman Injil dalam berbagai bahasa di negara ini, tetapi sebagian suku bangsa belum mempunyai rekaman dalam bahasa mereka sendiri. Doakanlah!
 Libia (5,7 juta), Ibukota Tripolis (1,7 juta), agama Islam. Penduduk: orang Arab 63%, orang Berber 9,4%, Touareg 1%, orang asing 25%. Tidak ada kebebasan untuk pindah agama di Libia. Seorang Mesir beragama Koptik ditangkap polisi dengan tuduhan, ia memberitakan Injil lewat satu web-site.
 Mesir (77 juta), Ibukota Kairo (18 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. 10 Mei yang lalu sudah meledak satu bom di muka gereja Koptik, satu mobil rusak. Bom kedua diketemukan oleh polisi dan dijinakkan. Pemerintah mau menghabisi semua babi di negara ini, karena flu swine, kalau dilangsungkan banyak orang Koptik akan kehilangan mata pencaharian. Orang Kristen perlu keberanian dan ketidaktakutan, karena mereka sering dihantam oleh orang fanatik.
 Sudan (39 juta), Ibu kota Khartoum (4,8 juta), agama: Islam 70%, Katolik 5%, Kristen 10%, Animis 15%. Suku Rashaida (90,000) merupakan suku Beduin yang hidup di daerah laut Merah, mereka berpindah-pindah dengan ternak mereka dan hidup di tenda yang dibuat dari kulit gambing. Sulit menjangkaui mereka dengan Injil, karena mereka sering pindah dan hampir semua buta huruf.
 Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kristen 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Jemaat mesanik berkembang sedikit demi sedikit. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, Islam 95+%, Kristen berbagai aliran 1-2%), di Jalur Gaza hidup tertinggal 2,500 orang Kristen (hampir semua orang Ortodoks, sedikit orang Injili), mereka takut, karena mereka tidak mengetahui, kapan mereka menjadi sasaran. Di Bethlehem ada satu sekolah Alkitab untuk menyiapkan hamba TUHAN buat jemaat-jemaat di Palestina. Berdoalah untuk damai antara orang Israel dan orang Arab. Akhirnya lebih tenang, tetapi damai belum tercapai.
 Suriah (19,5 juta), Ibukota Damaskus (2,5 juta): Agama: Islam 90,3% (termasuk 7% aliran Alawi), Ortodoks 5,1%, orang Injili sedikit. 1,1 juta pengungsi dari Iraq hidup di negara ini. Doakan pengungsi dari Iraq yang diterima oleh negara Jerman dan beberapa negara lain di Eropa, bahwa mereka bisa menyesuaikan diri di negara yang baru. Karena tahun ini tahun Paulus di negara ini sebuah film tentang kehidupan Rasul Paulus dalam bahasa Arab di bioskop-bioskop diperlihatkan. Berdoa, agar pesan yang disampaikan melalui film ini berbicara dalam hati setiap orang yang menyaksikannya.
 Jordania (4,8 juta), Ibukota Amman (1,4 juta), agama: Islam 94%, Ortodoks 2,7%, Katolik 1,5%, Kristen 0,5%. Orang yang bertobat dari Islam menghadapi berbagai kesulitan, khususnya dari keluarga sendiri. Sebagian orang karena tekanan terlalu berat sudah mundur dari kepercayaan akan Kristus.
 Iraq (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Tidak ada keamanan buat orang Kristen dari aliran apa pun, mereka dibunuh, dirampasi, diancam, dipukuli, dan diusir. Doakanlah mereka! Pemancar televisi Kristen lewat satelit SAT 7 dipakai TUHAN di seluruh Timur Tengah, di Iraq ada lima juta orang yang menontonnya, sering mereka menulis minta nasihat atau minta dikirimi Alkitab. Karena jumlah Kristen sedikit, ini berarti banyak orang beragama Islam juga ikut menonton dan terjangkau oleh berita Injil di tengah-tengah tantangan mereka. Meskipun sudah banyak orang Kristen lari ke luar negeri, orang Baptis mau bertahan. Pemerintah sudah memberikan tanah kepada mereka untuk mendirikan satu sekolah teologia, tetapi penduduk setempat tidak setuju dengan projekt ini. Gereja Baptis minta dukungan doa buat ini.
 Yaman, (20 juta), Ibu kota Sana’a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen, sebagian masih tersembunyi. Negara ini kurang aman, ada pemberontakan dan penculikan. Tentara negara sudah mundur dari bagian Utara, sebagian daerah sudah dikuasai oleh gerombolan Huthi yang dipimpin oleh aliran Islam Zaidi. Di mana-mana bisa melihat slogan mereka, khusus anak muda dihasut untuk membenci pemerintah, orang asing dan orang Kristen bersama orang Yahudi.
 Uni Emirat Arab (3 juta, 25% orang asli, 75% orang asing antara lain dari negara-negara Arab lain, India, Pakistan, Bangladesh, Pilipina), Ibukota Abu Dhabi (1 juta), agama: Islam, antara orang asing 3% Kristen. Sangat diperlukan dokter dan bidan Kristen untuk rumah salinan Kristen, inilah urgen. Dari segi negara modern, seorang perempuan telah diambil sumpah jabatannya, pada tanggal 26 Maret, sebagai hakim nasional pertama di pengadilan Dubai. Penguasa Dubai memuji pilihan karier si perempuan ini yang dinilainya bagus. Orang Kristen yang hidup di negara ini yakin, bahwa dalam waktu dekat akan banyak orang di tanah Arab berpaling kepada Kristus. Doakanlah ini.
 Iran (69 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 98%, Ortodoks Armenia 0,2% (150,000), orang Kristen Injili lebih dari 250 ribu orang (ada orang yang mengirakan bahwa jumlah ini lebih tinggi lagi), jumlah ini meningkat terus. Pada 12 Juni presiden baru akan dipilih, berdoalah, bahwa seorang yang dari bagian reformasi akan dipilih. Penduduk di Iran hampir semua mempunyai penerima satelit, untuk dapat menonton program dari luar negeri, termasuk program Kristen. Siaran dari luar negeri mempunyai satu pengaruh besar. Di negara ini bahaya kalau dibagikan literatur Kristen.
 Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), kota besar Istanbul (10 juta), agama: Islam 99,8% berbagai aliran dan dicampuri dengan berbagai kepercayaan kebatinan, okultisme, dan tahyul. Di negara ini ada 85,000 mesjid dan pengunjung makin meningkat, ini merupakan satu mesjid untuk setiap 350 orang penduduk. Orang Injili 3,500 orang Turki. Bulan April yang lalu sudah diadakan peringatan dua tahun yang lalu pembunuhan sadis terhadap tiga orang Kristen. Ada TV Kristen baru dengan nama TURK-7 yang menyiarkan program Kristen lewat satelit dan internet - www.turk7.com. Di Turki disebarluaskan selebaran dengan informasi tentang penyiaran, agar makin banyak penduduk di Turki bisa menonton acara-acara ini. Toko buku Lembaga Alkitab Turki di kota Adana yang sudah dua kali berturut-turut dirusakkan dituduh bahwa toko buku ini bekerja sama dengan Inteljen Amerika (CIA). Di media ada sering berita yang menghasut penduduk melawan Kristen, berdoa agar pemerintahan akan melarang berita dusta semacam ini. Sudah dicetak satu buku dengan peta-peta sejarah Alkitab, ini merupakan satu pertolongan buat semua yang mau mempelajari iman lebih dalam. Kursus Alkitab Tertulis bahasa Turki untuk Eropa mendapat setiap bulan 45 siswa baru yang mengikuti kursus ini. Makin banyak orang Turki menulis kepada satu web-site Kristen bahasa Turki dan minta keterangan lebih dalam tentang Injil. Orang Kristen di Turki bersatu untuk berdoa 24 jam/tujuh hari. Setiap jemaat mengambil mengambil beberapa jam doa dalam satu hari dalam setiap minggu, jam-jam dibagikan kepada anggota jemaat, lewat ini setiap jam dalam satu minggu ditutupi dengan doa syafaat orang Kristen Turki.
Afghanistan (30 juta), Ibukota Kabul (3 juta). Agama Islam secara radikal, semua agama lain dilarang keras. Satu masalah besar di negara ini: 90% dari obat bius heroin yang diproduksi di dunia secara ilegal berasal dari negara ini. Juga korupsi merajalela. Sayang, situasi keamanan merosot secara terus-menerus, tetap banyak korban jiwa. Sebenarnya pemerintah pusat hanya menguasai kota Kabul, meskipun demikian juga di situ terjadi kekerasan. Katanya sebagian besar orang Taliban sudah bosan dengan pemberontakan dan perang, tetapi mereka tidak bisa meninggalkan Taliban, karena mereka akan dibunuh oleh Taliban lain yang menganggap mereka sebagai pengkhianat.
 Doakanlah Mauritania (3,1 juta), Tunisia (10,3 juta), Lebanon, (4,5 juta), Arab Saudi (22 juta), Kuwait (2,7 juta), Bahrain (1 juta), Qatar (0,7 juta), Oman (3 juta), agar masyarakat di negara-negara ini dapat kesempatan hidup tenteram dan Injil bisa diberitakan antara mereka dengan jelas, agar mereka bisa memperoleh pengetahuan akan kebenaran dan keselamatan, lihat 1 Timotius 2:1-8.
Asia Selatan dan Tenggara
Ada gerakan doa syafaat dari “Gerakan Ethnê ke Ethnê” buat suku-suku terabaikan di negara-
negara sekitar sungai Mekong pada bulan Juni 09. Info: asianrd@sr21.com - www.ethne.net
 Pakistan (160 juta), Ibukota Islamabad (0,9 juta), agama: Islam 97%, Hindu 1,5%, Katolik 0,5%, Kristen 1%. Masyarakat umum menderita karena kekerasan, korupsi, politik kurang stabil, dan ekonomi yang susah. Orang fanatik berkembang. Pemerintah dengan kuasa militer mau menghabisi mereka; penduduk sipil harus melarikan diri, agar tidak menjadi korban dalam tembak-menembak. Sudah lebih dari satu juta orang melarikan diri dari perang ini. Orang Kristen tetap susah.
 India (1,2 milyard), Ibukota Delhi (11 juta), Agama: Hindu 81%, Islam 13%, Budhis 0,8%, Sikh 1,1%, Katolik 1%, Kristen 1,5%, dll. Setiap bulan ada berita baru, bagaimana orang Kristen menderita dalam negara ini. Karena itu, jangan berhenti berdoa dan berseru kepada Bapak kita di surga, karena setiap hari ada orang Kristen yang diancam, ditahan dengan tuduhan mengkristenkan orang Hindu, diserang, dipukuli, kadang-kadang juga dibunuh, kebaktian diganggu, dituduh yang tidak-tidak, rumah dan toko orang Kristen dibakar atau fasilitas Kristen dirusak oleh orang fanatik yang mau membebaskan India dari ke-Kristenan. Para pemimpin gereja-gereja di Orissa telah menyurati kepala pemerintahan pusat dan regional tentang apa yang mereka gambarkan sebagai sebuah "rancangan besar" dari orang-orang fanatik yang ingin menyapu bersih kekeristenan dari negara itu. Luapan kekerasan anti-Kristen yang tiba-tiba ini dimulai di Orissa pada bulan Agustus 2008. Dari 54,000 orang Kristen yang melarikan diri hanya sedikit kembali. Kebaktian Paskah diadakan di tenda di sebelah gereja-gereja yang sudah terbakar habis. Kekerasan lalu menyebarluas ke negara-negara bagian lain. Di negara bagian Karnataka, khusus di kota-kota Bangalore dan Mangalore. Gereja-gereja dibakar dan dihancurkan. Di negara bagian Karnataka tahun 2008 ada lebih dari 100 serangan, tahun ini sudah sepuluh serangan terhadap orang Kristen. Umat Kristen di Chattisgarh menghadapi masalah, dalam konperensi Kristen bicara beberapa pendeta dari Delhi yang sudah bertobat dari agama Sikh, mereka diumpat oleh penduduk setempat sebagai pengkhianat, polisi menyuruh mereka kembali ke Delhi. Orang Kristen di India memerlukan dukungan doa kita dalam berbagai tantangan ini.
Di India ada tiga juta pelacur, 1,2 juta dari mereka masih anak.
Masih ada suku-suku yang memakai 1,200 bahasa berlainan yang tidak memiliki cerita Injil dalam kaset atau CD. Berdoalah para perekam yang mencoba merekam semua bahasa ini. Ini merupakan satu tugas raksasa, berdoalah agar lebih banyak perekam dipanggil Bapak kita.
Friendship Center India yang dipimpin oleh Bapak & Ibu Pdt. J. & P. Gladstone, (YPPII), terlibat dalam perintisan jemaat baru di daerah kumuh di Mumbai dan di Pune, www.friendshipcentre.org.
 Maladewa (0,3 juta) (75 000 orang asing pekerja). Ibukota Male’, hanya agama Islam boleh, Kristen (30 orang?). Dalam bahasa Dhivehi (bahasa nasional) sudah ada kitab Kisah Para Rasul dan Lukas. Ada pelayan Injil yang belajar bahasa setempat untuk membantu orang Kristen di situ. Presiden baru yang mau reformasi negara ini, tetapi agama Kristen tetap dilarang keras. Kaum perempuan menduduki posisi terhormat dan berpengaruh di pemerintahan, juga di dunia kerja.
Bhutan (0,8 juta), Ibu kota Tumbuh (31 000), agama: 73% Budhis-Lamais aliran Bon (suku Drukpa), merupakan agama negara, 22% Hindu (suku Nepal), 4% Islam, 1,2% Kristen. Tidak ada kebebasan agama dalam negara ini, hanya agama Budhis-Lamais diakui dan diperbolehkan. Alkitab dalam bahasa Dzongka, bahasa resmi di negara ini, jarang ditemui. Alkitab ini dilarang beredar di Bhutan. Bapak kita di surga memiliki cara, bahwa Alkitab ini akan ke tempat, di mana diperlukan.
 Sri Langka (20,5 juta), Ibukota Colombo (1 juta), agama: Budhis 71%, Hindu 12%, Islam 8%, Katolik 5,5%, Kristen 1,5%. Suku-suku: Singalese, Tamil, Moor. Perang saudara di bagian Utara merupakan masalah berat. Setiap minggu ada gedung gereja yang diserang oleh orang fanatik Budhis.
 Bangladesh (160 juta), Ibukota Dhaka (11 juta, banyak di antara mereka tinggal di daerah kumuh), agama: Islam 87%, Hindu 12%, Animism 0,6%, Budhis 0,6%, Kristen 0,3%, Katolik 0,2%. Bulan Mei yang lalu sudah dibagikan seribu buah Alkitab di antara penduduk di desa-desa. Banyak orang Kristen di desa-desa kurang pendidikan, malah ada yang buta huruf, sering mereka tidak mengerti jalan keselamatan, mereka memerlukan penyembuhan secara fisik dan rohani. Ada gereja dan organisasi Kristen yang membuka sekolah-sekolah umum, agar anak-anak mendapat pendidikan. Sangat diperlukan hamba TUHAN yang bisa memberitakan Injil di antara mereka dengan wibawa.
Nepal: (24 juta), Ibu kota Kathmandu (0,6 juta), agama: Hindu 80%, Budhis 10%, Islam 4,5%, Kristen 1,9% (l.k. 500 ribu). Negara ini menderita, karena sudah berbulan-bulan tidak ada hujan. Kel. Raastrako Jyoti, Navigator, membina mereka yang haus akan Firman TUHAN. Mereka sudah memakai satu metode baru dalam pemahaman Alkitab dan para pengikut dalam kelompok bergembira dengan metode baru yang sangat menolong mereka dalam berbagai permasalahan mereka hadapi.
 Myanmar (50 juta), Ibukota Naypyidaw, kota besar: Yangon (5 juta), agama: Budhis 83%, Kristen 7%, Katolik 1%, Islam 3,8%. Agama Budhis merupakan agama mayoritas penduduk Myanmar dan agama yang menentukan. Kebanyakan orang Kristen Myanmar adalah bagian dari suku minoritas, yaitu suku-suku Chin, Lisu, dan Karen di bagian Utara yang ditentang karena alasan-alasan etnis, politik, dan agama. Dari suku Bamar, suku utama, hanya sedikit Kristen. Suku Karen merupakan suku yang paling banyak mengalami diskriminasi. Situs-situs dan pekuburan-pekuburan Kristen banyak dihancurkan dan diganti dengan pagoda. Orang-orang Kristen diperkosa, disiksa, dan dibunuh. Militer memerintah dengan tangan besi. Bulan Januari di kota Yangon banyak gedung gereja ditutup oleh yang berwajib. Berdoalah agar umat Kristen tetap setia dalam imannya, meskipun gedung kebaktian mereka ditutup. Berdoalah agar mereka tidak putus asa dan tetap berpengharapan pada Tuhan.
 Kamboja (15 juta), Ibukota Phnom Penh (1,5 juta), agama Budhis 85%, Animis 4,3%, Islam 3,9%, Kristen 400 000. Kel. Heryanto & Susie, Navigator, bersama tim MK menyiapkan satu sekolah bahasa Inggris buat orang Khmer, agar usaha ini menjadi satu tempat kesaksian Injil. Rika, Navigator, bekerja di satu LSM, di samping mengajar bahasa Indonesia buat orang Khmer. Kel. Suyatno, Navigator, bisa memberitakan Injil di Waroeng Bengawan Solo kepada mereka yang senang dengan makanan Indonesia. Sayang, jumlah orang yang menikmati masakan Indonesia tidak tinggi.
 Laos (6,2 juta), Ibukota Vientiane (0,7 juta), Budhis 58,7%, Animism 33%, tanpa agama 5,1%, Islam 1%, Katolik 1%, Kristen 1%, hanya agama Budhis dan Animism diperbolehkan, semua agama lain dilarang keras. Pemerintahan tetap paham komunis. Meskipun orang Kristen dianggap musuh utama untuk negara ini, malah dianggap sebagai bahaya, jemaat-jemaat Kristen tetap bertumbuh.
 Vietnam (87 juta), Ibukota Hanoi (2,3 juta), Ho Chi Minh City (7 juta), tetap paham komunis. Agama Budhis 55%, Katolik 5%, Kristen 0,8 juta. Kel. P-M mau menjangkau suku-suku terabaikan, karena itu mereka tetap belajar bahasa V. Orang Kristen dari suku-suku di pegunungan ditekan!
Pilipina (90 juta), Ibukota Manila (1,7 juta), agama: Katolik 83%, Islam 8%, Protestant 7,5%, dll. Kel. Pdt. Mekkie Famdale, YPPII, memimpin GKI-P di Manila. Ibu Ria Zebua, OMF, tetap melayani di antara orang Manobo di Upper Langilan/Davao del Norte, ia sudah kembali dari Amerika menulis lanjutan buku ‘Sampah menjadi Persembahan’ di antara orang Manobo. Naskah buku ini masih harus disempurnakan dan diedit, juga sebagian akan diterjemahkan ke dalam bahasa Manobo. Kebaktian bersama kaum Ibu di bulan Nopember 08 membawa banyak ibu taat kepada Tuhan. Seorang bapak berkata: “Dulu isteri saya seperti singa betina, sekarang seperti domba.” Sudah saatnya diperlengkapi para pengurus kelompok kaum ibu untuk penginjilan supaya mereka yang akan membawa ibu-ibu yang lain kepada Tuhan. Bck bersama tim dari Jakarta dan Papua melayani langsung di lapangan dan akan mengunjungi semua tempat SS selama 7 bulan. Anggota tim dibina oleh Bck.
 Malaysia (27,5 juta), Ibukota Kuala Lumpur (2,2 juta), agama: Islam 55%, Budhis 29%, Hindu 7%, Kristen 4%, Katolik 3,5%. Doakan Kel. Sim yang memimpin dua jemaat. Doakan program Misi gereja SIB Petaling, supaya melaluinya ada pemahaman Misi yang benar dan ada buah-buah yang nyata. Doakan gereja cabang yang baru berumur 1 tahun supaya terus bertumbuh. Kel. Pdt. Seken Bangun di Kota Sandakan/Malaysia Timur menjangkaui orang sungai, orang dusun, orang Kadazan, India, China dan orang Indonesia di Kota Sandakan. Sedang mereka membangun satu gedung gereja baru.
Asia Tengah
 Azerbaijan (8,7 juta), Ibu kota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar aliran Shia) 80%, Kristen 0,1%. Di dalam telepon ada satu renungan Firman TUHAN, orang bisa putar nomor ini dan mereka mendengar renungan ini. Yang meninggalkan berita akan ditelpon kembali atau ia bisa minta buku dan Firman Tuhan dikirimi. Akhir-akhirnya orang yang menelpon untuk mendengarnya berkurang.
 Kirghizia (5,4 juta), Ibu kota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen 5 000 orang. Sebuah undang-undang baru disahkan yang menyatakan bahwa organisasi keagamaan apa pun yang ingin memperoleh izin harus mempunyai paling sedikit dua ratus anggota jemaat dewasa, baru bisa mendaftarkan diri kembali. Jemaat-jemaat di desa hanya kecil saja, bagaimana mereka bisa didaftarkan? Gereja atau organisasi Kristen apa pun di bagian Selatan negara ini jelas tidak mungkin dapat terdaftar atau mendapatkan izin. Selama musim panas biasanya diadakan kamp dengan ribuan peserta anak dan pemuda/i. Kel. P. Hengkesa, YPPII, membina enam anak asuh dan melayani dalam jemaat Logos dan di cabang-cabang jemaat Logos. Mereka telah mendapat perpanjangan visa untuk satu tahun, mereka akan cuti tahun ini dan sudah pesan ticket. Ibu Pdt. H-T, YPPII, sudah kembali. Doakan urusan ijin tinggal, untuk mendapat visa permanen ada berbagai kesulitan. Doakan lagi pelayanannya bekerja sama jemaat Logos.
 Uzbekistan (27,3 juta), Ibu kota Tashkent (2,2 juta), agama: Islam Sunni 88%, Ortodoks 8%, Kristen 0,3%, yang suku Uzbeki, 10 ribu. Berdoa untuk masalah ini: Semua kegiatan ibadah, persekutuan doa, PA, dan penginjilan yang tidak terdaftar oleh yang berwajib merupakan tindak kejahatan di mata pemerintah. Tetapi jemaat-jemaat yang mau mendaftarkan diri tidak diterima dari instansi tertentu. Para pemimpin gereja perlu hikmat dalam situasi ini. 17 orang percaya didenda tinggi, karena mereka menghadiri upacara HUT dari seorang anggota gereja. Seorang percaya memberi makanan kepada anak-anak miskin divonis 14 hari penjara, karena ia juga menceritakan Injil kepada anak-anak ini. Di propinsi otonom Karakalpakstan penganiayaan terhadap orang Kristen meningkat lagi, orang Kristen hanya bisa secara diam-diam bertemu dua atau tiga orang saja. Pendeta sering harus hidup sembunyi, ini merupakan satu tantangan buat keluarga mereka dan para isteri hidup di bawah stres.
 Tajikistan (6.8 juta), Ibu kota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1.2%. Kristen 0.03%. Tahun 1992 hanya ada tiga orang percaya diketahui, sekarang ini sudah menjadi 400 orang Tajiki. Gereja-gereja kecil bertumbuh, juga orang Tajiki yang tinggal di luar negeri ada yang bertobat. Gedung gereja yang terbesar di negara (milik Presbyterian Korea) diambil over oleh pemerintah tanpa memberi kompensasi. Juga gedung-gedung gereja lain ditutup. “Liga Alkitab” mengedarkan bahan dari Alkitab dan literatur tentang Alkitab dalam bahasa-bahasa Rusia, Tajik, dan Uzbek. Selama tahun 2008 4,000 orang mengikuti kursus pemahaman Alkitab.
 Kazakhstan (16 juta), Ibukota Astana (0.7 juta), kota Almaty (1.2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2%. Majalah Kristen anak SCHARAPAT sudah mengedar ke mana-mana dan masuk sampai ke desa-desa terpencil. Puji TUHAN: Undang-undang tentang agama yang merugikan gereja Kristen dibatalkan oleh Mahkamah Agung negara ini. Umat Kristen berdoa, bahwa Undang-undang baru yang sedang disiapkan akan memberi hak buat orang Kristen. Meskipun demikian, tetap ada berbagai kesusahan buat umat Kristen, karena penguasa setempat memperlakukan Kristen seolah-olah undang-undang agama sudah sah. Siapa yang percaya akan Kristus dianggap seperti pengkhianat negara ini dan juga diperlakukan sedemikian rupa. Perkantas setempat mempunyai satu pelayanan luas di antara mahasiswa, meskipun ada berbagai tantangan.
 Turkimenistan (4.9 juta), Ibu kota Ashkhabad (0.4 juta), Agama: Islam 92%, Ortodoks 2%, non-agama 5%, Kristen l.k. 700 orang, memakai bahasa Rusia, dilarang keras berbakti dalam bahasa Turkmen. 80% dari negara ini gurun pasir dan gunung, tetapi kekayaan sumber alam (gas bumi dan minyak tanah) tidak dimanfaatkan, maka negara ini tetap miskin. Dalam UUD ada kebebasan agama, tetapi dalam kehidupan dalam negara ini sebenarnya kegiatan semua agama dibatasi, karena mereka takut terhadap orang beragama fanatik, dalam rangka ini, juga banyak tekanan buat orang Kristen.
Asia Utara & Pasifik
Ada gerakan doa syafaat dari “Gerakan Ethnê ke Ethnê” buat suku-suku terabaikan di
rumpun Mongolia, pada bulan Juli 09. Info: asianrd@sr21.com - www.ethne.net
Korea Utara (23 juta), Ibukota Pyongyang (2.7 juta). Agama: Non-agama 64.3%, yang lain 18%, Animisme 16%, Kristen (secara diam-diam) 1.7%. Diperkirakan sudah 50 000 – 70 000 orang Kristen masuk kamp kerja paksa dan menderita luar biasa, sebagian di antara mereka sudah meninggal.
 Mongolia (2.6 juta), Ibukota Ulaanbaatar (0.8 juta), agama: 90% Aliran Bon dalam Budhis-Lamaisme dan Shamaisme l.k. 50%, Ateis 40%, Kristen 0.7%, (20 000+ orang). Secara agama ada banyak hubungan dengan Tibet. Di Ibukota ada 120 jemaat Kristen yang berkembang yang baik.
RRC, (1,3 milyard), Ibukota Beijing (12 juta), Shanghai (13.4 juta), agama: ateis 59.1%, agama-agama tradisional 17%, Budhis 8% (bertambah terus), Animisme 2.4%, Islam 2.4%, Katolik 1%, Kristen 9+% (kira-kira 120 juta?). Jangan mundur dari doa syafaat buat orang Kristen China, tetapi orang China juga tertarik oleh tahyul, kuasa gelap, agama-agama China selain dengan Injil Jesus Kristus!
Tolong doakan pengedaran bahan sekolah minggu, agar anak-anak dapat pelajaran sesuai umurnya, ini sangat penting, bahwa anak-anak di jemaat-jemaat dapat pengajaran yang tetap.
Sudah satu tahun gempa bumi dahsyat di Sichuan, karena banyak orang menolong para penderita banyak persekutuan Christen dapat dimulai, di mana mereka mendapat hiburan sesudah menderita.
Percetakan Alkitab Nanjing sudah mencetak Alkitab, PB, bagian-bagian Alkitab, dan selembar-selembar berisi Firman TUHAN, sebagian besar bahan yang dicetak adalah bagian Alkitab saja. Mereka juga mencetak Alkitab dalam bahasa-bahasa Afrika. Alkitab lengkap dalam bahasa Mandarin yang mereka cetak jauh kurang dari kebutuhan di China. Syukurlah Alkitab bisa dibaca dan dipelajari dalam Internet, juga ada dalam CD atau DVD. Tetapi bagaimanapun tetap ada kekurangan.
Karena krisis ekonomi banyak pekerja kehilangan pekerjaan dan pulang ke desa-desanya.
Suku-suku terabaikan yang hidup di propinsi otonom Xinjiang Uyghur (17,5 juta): Uighur 9.12 juta, Kazakhi 1.15 juta, suku-suku ini bagian dari rumpun Turkik. Suku Uighur (agama Islam, Kristen 50 orang di propinsi ini) karena beragama Islam sudah diusir dari daerah tanah yang subur ke arah pegunungan, mereka hidup bersama dengan orang China Han, orang Hui, orang Kasakhi dan suku-suku lain. Dua orang Uyghur yang sudah menjadi Kristen dipenjarakan dengan tuduhan yang tidak-tidak. Orang Kristen Uyghur ditekan oleh yang beragama Islam dan oleh pemerintahan.
Mendoakan Suku Hui (12 juta), agar mereka mau membuka diri demi Injil. Mereka merupakan keturunan dari pedagang yang datang dari Persia dan tanah Arab, mereka nikah dengan wanita China.
Gk sedang belajar Bahasa Mandarin demi rencana pelayanan untuk masa depan.
Tibet (2.7 juta), Ibukota Lhasa (0.2 juta), Agama: Budhis-Lamaisme, 80%, Kristen 0.2%, Ateis. Amdo, Rongpa (150,000) merupakan salah satu suku di antara rumpun Tibet. Karena mereka hidup dalam satu daerah yang susah kehidupan (dingin, angin keras, dan tanah tidak subur), mereka sendiri menjadi orang yang bisa bertahan dalam tantangan. Mereka beragama Budhis-Lamaisme campur dengan banyak kuasa gelap dan penyembahan berhala, hanya sedikit orang yang sudah menjadi Kristen.
Hong Kong (6.9 juta), Agama: agama China 67%, tanpa agama 18%, Kristen 10%, Moslem 1.5%. Kel. Pdt. Arys Illu, YPPII, GMKIH, pelayanan perintisan, penggembalaan dan penginjilan di Hong Kong, mereka sudah membuka jemaat baru Indonesian Hong Kong Love Mission Church. Kel. Pdt. Johan K., dan Kel. Murdianto, CTN, melayani Gereja Misi Indonesia Hong Kong (GMIH), Jemaat bertumbuh dan berkembang dengan baik. IMC Internet Radio dalam bahasa website www.gmih.org.
K.M. DOULOS mengunjungi Keeling, Taiwan, s/d 4.6., Hongkong 6.6.-4.7., Sihanoukville, Kamboja, 10.-28.7., Bangkok, Thailand, 29.7.-24.8. Dari Indonesia menggabungkan diri dan membantu dalam semua tugas di atas kapal K.M. DOULOS Elly dari Manado dan Robert Cahyono dari Lampung.
 Taiwan (23 juta), Ibukota Taipei (2.6 juta), agama China 68%, tanpa agama 25%, Kristen 3%, Katolik 1%. Sampai kini belum ada kemajuan dalam pembentukan jemaat-jemaat baru di antara orang China. Di antara orang asli Taiwan ada cukup banyak orang Kristen dan jemaat-jemaat.
Negara-negara lain
Suriname: (450 000), Ibukota Paramaribo, Agama: Hindu 32%, Katolik 23%, Islam 20%, Kristen 19%, Animis. Pdt. Suryanto & Esther Tasman melayani jemaat PUAS (Paguyupan Urip Anyar Suriname).
 Meksiko: (108 juta), Ibukota Mexico City (25 juta), agama: Katolik 90%, Kristen 7%. Masalah: bunuh-membunuh adalah tinggi, tahun ini sudah banyak orang lagi menjadi korban, khusus di antara anggota mafia obat bius, tetapi orang lain juga kena. Paling susah di perbatasan dengan AS. Tetap mendoakan suku Triqui, agar mereka makin bertumbuh dalam iman dan dapat dimuridkan.
 USA: (300 juta), Ibukota Washington (0,6 juta), agama: Kristen 50%, Katolik 26%, Yahudi 2%, Islam 1.5%, Budhis 0.9%. Doakan GMII USA, Pdt. Ricky Lomban, agar sebagai gereja misi, GMII sungguh-sungguh dapat menjadi gereja yang misioner. Doakan program Malam misi GMII USA akan diadakan pada tanggal 13 Juni 2009 dengan Tema: INDONESIA MENANGIS dengan target mendoakan suku-suku terabaikan di Indonesia. Doakan agar gereja-gereja bahasa Indonesia di seluruh USA mau dengan senang hati mendukung pekabaran di Indonesia dan sampai ujung bumi.
 Timor Leste (1 juta), Ibukota Dili (50 ribu). Agama: Katolik 90%, Kristen 4%, Islam 1%. Sebagian besar orang Katolik lebih yakin dengan roh arwah daripada Allah. Hampir setiap rumah ada berhala. Di desa ada satu rumah berhala tertentu. Orang Katolik yang bertobat didesak dan didorong oleh sanak saudara dan tetangga untuk kembali ke agama sebelumnya. Ibu Thelly melayani di dalam Esperanca Projekt di Dili bersama satu tim internasional. Ada beberapa kelompok anak yang kumpul di proyek ini dan Ibu Thelly membawa Firman TUHAN dan melayani anak-anak ini. Ibu Thelly merencanakan mengikuti satu orientasi pada bulan Agustus akan datang, tolong doakan persiapannya.
 Fiji (0.9 juta), Ibukota Suva (80 ribu), agama: Kristen 43%, Katolik 11%, Hindu 38%, Islam (Sunni dan Shia) 7.5%, bidat 2%. Di negara ini hidup 35 suku bangsa. Sebagian penduduk merupakan keturunan dari Asia Selatan, salah suku adalah suku Bhojpuri yang memakai bahasa Bihari, mereka biasanya beragama Hindu, perlu penginjilan. Bahasa-bahasa resmi di Fiji: Inggris, Fiji, Hindustani.
 Australia (19 juta): Suku bangsa: Eropa 93%, Asia 5%, Aborigin 1,5%. Kel. Pdt. Salomo Bangun, (YPPII, Gereja Indonesia Darwin): Sibuk dalam penggembalaan dan perintisan di tengah orang Indonesia setempat dan di antara orang dari suku-suku bangsa lain, termasuk orang Aborigin setempat.
Seluruh dunia
Rekaman Injil (GRN) mau merekam cerita Injil ke dalam kaset atau CD dalam semua bahasa dunia ini. Sedang 71 perekam merekam cerita Injil dalam bahasa-bahasa di 31 negara. Agar akan semua bahasa memiliki cerita Injil dalam bahasa mereka masih diperlukan lebih banyak perekam. Tahun ini direncanakan beberapa kursus buat perekam baru, antara lain di India dan Amerika Selatan.
Masih ada 2100 suku bangsa yang tidak mempunyai PB dalam bahasa mereka sendiri.
Masih ada 6 000 suku terabaikan. Satu jejaring doa. Info: ethne@ethne.net, http://www.ethne.net/.
INTERNET: Ada satu web-site yang melukiskan suku-suku terabaikan di dalam dunia ini dalam berbagai bahasa, namanya Etnopedia: http://en.etnopedia.org/wiki/index.php/Main_Page, web-site ini dalam perkembangan. Dalam bahasa Spanyol l.k. 2080+ halaman dengan suku-suku, dalam bahasa Jerman 800+ dan bahasa Inggris ada 1370+, bahasa Korea ada 80+, karangan tentang suku-suku disertai dengan gambar. Satu sumber yang baik untuk informasi tentang suku dan pokok doa.
Sumber buat doa syafaat lain ada kartu doa di http://www.joshuaproject.net/prayer-cards.php.
Web-site bahasa Indonesia: Perbandingan Agama, dialog Isa dan Islam, khusus Siapakah Isa Al-Masih dan Penjelmaan Isa Al-Masih. http://www.isadanislamstudi.com/.
In_Christ.net (bahasa Indonesia) ada satu web-site dengan bagian Misi, semua pembaca diajak saling berkalaborasi. Web-site ini penuh dengan artikel baik untuk diri sendiri, maupun diteruskan kepada orang lain. URLnya: http://www.in-christ.net/wiki/Kategori:Misi_Bagi_Bangsa, seluruhnya web-site bisa dibaca dengan URL: ,
Dukungan Misi dalam Negeri dan pokok-pokok doa
 Berdoalah, bahwa dari Indonesia jauh lebih banyak misionaris dipanggil dan bisa diutus; dan jumlah persekutuan doa misi meningkat yang didirikan khusus mendoakan perintisan di luar negeri antara suku-suku terabaikan dan para misionaris yang melayani di antara mereka. Berdasarkan Firman TUHAN semua Kristen wajib ikut menggumuli pelayanan sampai ke ujung bumi.
 Kel. Belman Sihombing sudah diutus dari jemaatnya dan sudah berangkat ke ladangnya.
 Semua berita, fakta, dan informasi dalam buletin ini merupakan pokok-pokok doa dan pokok syukur, meskipun hanya sekali-kali disebutkan berdoalah! Pakailah janji-janji Firman TUHAN dalam doa syafaat, karena Yesus sudah mati di kayu salib untuk semua manusia. IA sudah bangkit! Berdoalah dengan keyakinan. Letaknya Nama TUHAN atas negara-negaranya dan atas suku-suku bangsa, agar mereka diberkati Allah. Megahkan Darah Yesus atas orang yang masih dikuasai oleh kuasa gelap dan okultisme, agar mereka dilepaskan dari semua belenggu. Siapa memerlukan petunjuk tentang doa syafaat buat suku-suku terabaikan dapat menulis kepada PD Timotius.
 Tolong doakan mereka yang sudah dipanggil TUHAN, dan yang sudah siap menjadi misionaris di antara suku-suku terabaikan. Mereka sering menghadapi berbagai kesulitan dalam persiapan, mereka perlu ketabahan. Mintalah bahwa jemaat-jemaat mau mendukung (1 Tawarikh 29:9-14), mendoakan (Kolose 4:3), dan mengutus para misionaris (Kisah Para Rasul 13:1-3) dengan sukacita!
 O.M. Indonesia (Obor Mitra, Operation Mobilisation) tetap mencari orang yang siap diutus ke ladang TUHAN di dunia ini dan di kapal P.I.nya. Koordinator: Kel. Pdt. Bagus Surjantoro. Alamat surat: PO Box i-195 UKSW, Salatiga 50711A, Tel/Fax: 0298-322843, e-mail: bagus@linkmail.org.
 Badan Pengutus Lintas Budaya (BPLB) mengutus tenaga P.I. untuk perintisan baru di Asia Timur. Alamat: P.O. Box 2559, Jakarta 10025, Tel.: 021-426 4459, e-mail: .
 Deparment Evangelisasi dan Misi YPPII di Batu, e-mail: emppii_batu@yahoo.co.id
 Sending WEC INDONESIA siap mengutus para misionaris ke suku-suku terabaikan di negara-negara lain, supaya jemaat baru dapat dirintis. Majalah misi Terang Lintas Budaya diterbitkan dengan berita yang menarik dan informasi yang luas dari ladang penginjilan di luar negeri, untuk anak-anak ada majalah Tatik dan Totok. Di samping ini ada surat doa misi bahasa Indonesia, Inggris, dan Jerman dalam bentuk cetak dan e-mail. Majalah misi, kartu doa, brosur “Siapakah Sending WEC Indonesia”, dan surat-surat doa bisa dipesan di: Sending WEC Indonesia, Kotak Pos 217 WR, Sidoarjo 61256, Tel.: 031-8531343, HP: 0815-5511750, E-mail: indosb@linkmail.org; http://www.wec-indo.org. Doakan pemimpin Pdt. Max dan Pdt. Desta Ay, staf kantor, dan mereka yang mau menggabungkan diri dengan tim WEC dalam pelayanan perintisan jemaat baru di luar negeri.
K dan O cuti di Indonesia sampai bulan Agustus, mereka mengunjungi keluarga dan sahabat mereka dan di jemaat-jemaat mereka menceritakan tentang perbuatan TUHAN di ladang mereka.
Ibu Pdt. Meli P sudah kembali ke negaranya dan bisa mengunjungi berbagai tempat di daerahnya. Ia berterima kasih atas semua dukungan doa buat perintisan pelayanan di pegunungan tinggi.
Ibu Yenny mendampingi Ibunya di Makasar, karena Ibunya masih perlu tetap didampingi, Ibu Yenny bisa melayani di sekitar Sulawesi Selatan. Doakanlah masa depannya.
Kel G. sedang cuti di Indonesia, kedua anak mereka sudah masuk ke sekolah di Surabaya. Bulan Juni/Juli Kel. G. mengunjungi keluarga dan sahabat mereka di Timor.
Buletin Pokok Doa Timotius ini bisa dipesan di alamat PD Timotius, PO Box 12 IKIP, Malang 65145. Buletin edisi e-mail bisa dipesan: immanuel-d@web.de. Buletin ini boleh diphotocopy/diperbanyak, agar semua peserta Persekutuan Doa mendapat satu eksemplar, ini menolong dalam doa, kalau pokok doa ada secara tertulis di tangan para pendoa. Bahan ini boleh dikutip di warta gereja, di buletin doa lain dsbg, khusus buat pendoa lain. Juga boleh dikirim kepada pendoa lain, karena sering orang mau berdoa, tetapi bahan kurang. Kami menghargai semua dukungan doa buat kami.
Kiranya TUHAN menguatkan dan memberkati Bapak/Ibu/Saudara/i dalam semua tugas.
PD Timotius

Tidak ada komentar: