Sabtu, 30 Mei 2015

KADOS -- Edisi 256 (1 -- 7 Juni 2015)

Hasil gambar untuk tangan doa

KADOS -- Edisi 256 (1 -- 7 Juni 2015)

Salam damai Yesus Kristus,

Kita hidup berdampingan dengan orang lain. Bahkan, beberapa dari kita juga menjadi bagian dalam komunitas-komunitas tertentu sesuai dengan kebutuhan/minat kita. Intinya, kita pasti akan bertemu dengan orang lain dan berelasi dengan mereka. Mari kita merenung sejenak apakah selama ini kita sudah menjadi berkat dalam relasi yang kita lakukan. Apakah selama ini kita sudah turut ambil bagian dalam memberitakan Kabar Baik kepada orang-orang yang kita kenal? Kami mengajak Anda untuk lebih dalam lagi memaknai setiap relasi yang sudah Anda jalin dengan menjadi berkat, memberitakan Kabar Baik, dan mendoakan mereka. Tak lupa, pokok-pokok doa KADOS minggu ini juga menjadi kesempatan bagi Anda untuk terus menjalin relasi dengan Tuhan. Selamat berdoa.

Pemimpin Redaksi KADOS,
Santi T.
< santi(at)in-christ.net >
< http://doa.sabda.org >


1 Juni 2015 -- Hari Lahir Pancasila

Dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: "Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan") pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan pidato dengan judul "Lahirnya Pancasila". Dalam pidato ini, konsep dan rumusan awal Pancasila dikemukakan oleh Soekarno sebagai ideologi dasar bagi negara Indonesia. Hari ini, kita diingatkan kembali mengenai pentingnya peristiwa bersejarah ini. Kiranya pada hari peringatan Lahirnya Pancasila ini, kita sebagai bangsa Indonesia bisa turut ambil bagian dalam memajukan negara Indonesia. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus agar bangsa Indonesia memiliki rasa kebangsaan yang kuat sehingga mereka mau melakukan banyak hal berguna untuk kepentingan orang banyak. Berdoalah pula agar setiap orang percaya yang tinggal di Indonesia berperan aktif dalam memedulikan negara Indonesia, baik melalui doa, aksi nyata, maupun turut mendukung pemerintah, sehingga orang percaya bisa menjadi berkat bagi negara ini.

2 Juni 2015 -- Daerah di Indonesia yang Belum Terjangkau Listrik

Sekalipun di kota-kota besar listrik bukanlah kebutuhan yang susah terpenuhi, di bagian-bagian terpencil wilayah Indonesia tidaklah demikian. Banyak saudara kita masih harus berdamai dengan kegelapan karena listrik belum masuk ke daerah mereka. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus supaya pemerintah daerah berusaha semaksimal mungkin supaya daerah yang masih belum terjangkau listrik boleh mendapatkan pasokan listrik. Doakan supaya APBD boleh dialokasikan ke sana dengan perhitungan yang bijak sehingga terjadi pemerataan listrik di seluruh daerah di Indonesia.

3 Juni 2015 -- Donatur Yayasan Kristen di Indonesia

Yayasan Kristen di Indonesia cukup banyak. Beberapa dari mereka tidak berada di bawah naungan satu denominasi gereja. Perjalanan pelayanan mereka didukung oleh Tuhan melalui donatur-donatur Kristen yang mengasihi Tuhan. Marilah kita berdoa supaya donatur-donatur ini terus diberi kerinduan untuk turut terlibat dalam pekerjaan Tuhan. Kita berdoa juga supaya mereka terus memegang janji Tuhan bahwa apa yang mereka tabur akan mereka tuai berlipat kali ganda, baik dalam harta dunia yang fana maupun dalam berbagai kebajikan. Kita berdoa kepada Yesus supaya donatur-donatur ini terus setia menjadi manajer-manajer keuangan bijak dalam mengelola keuangan yang Tuhan Yesus percayakan kepada mereka sehingga dengan harta yang mereka miliki, mereka mengejar kekekalan.

4 Juni 2015 -- Doa Bersama di Keluarga

Doa bersama di gereja atau di persekutuan sudah biasa dilakukan setiap orang percaya. Namun, tidak semua orang percaya melakukan doa bersama di dalam keluarga. Tentunya ada banyak alasan atau penyebabnya, seperti anggota keluarga sibuk. Mari kita berdoa untuk hal ini karena ini adalah hal cukup penting. Doakan supaya Kristus memberi pengertian kepada setiap keluarga Kristen untuk sungguh-sungguh memprioritaskan pembangunan kehidupan anggota keluarganya. Mari kita juga berdoa supaya mereka menyadari bahwa keluarga adalah tempat pendidikan yang paling awal dan paling penting, termasuk di dalamnya pendidikan untuk berdoa dan bergantung kepada Tuhan bagi anak-anak.

5 Juni 2015 -- Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kemajuan perekonomian dan teknologi tidak menjamin lingkungan hidup di sekitar kita menjadi maju juga. Fakta justru membuktikan yang sebaliknya. Mari kita sama-sama berdoa untuk peringatan hari lingkungan hidup sedunia supaya peristiwa ini memberi energi yang besar di setiap wilayah di seluruh dunia ini untuk memulihkan kerusakan-kerusakan lingkungan hidup yang telah terjadi akibat pencemaran udara, air, dan tanah. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus supaya menggerakkan semua kalangan termasuk anak-anak Tuhan supaya terlibat dalam peringatan tersebut, apa pun bentuknya. Dengan demikian, lingkungan di sekitar kita terus hijau, lestari, dan menjadi reservasi alam yang menghambat terjadinya "global warming".

6 Juni 2015 -- Apoteker Kristen

Selain dokter, profesi apoteker termasuk profesi yang memegang peranan penting dalam dunia kesehatan. Secara tidak langsung, apoteker berkaitan dengan jiwa manusia. Jadi, dalam melakukan pekerjaannya, seorang apoteker harus teliti dan hati-hati. Marilah kita berdoa bagi semua apoteker Kristen supaya mereka menjalankan profesi mereka dengan hati-hati dan bertanggung jawab, bukan sekadar sebagai wujud sumpah mereka setelah lulus, melainkan sebagai tanggung jawab mereka kepada Tuhan. Biarlah roh takut akan Allah dilimpahkan oleh Kristus kepada mereka semua yang bekerja di dunia kesehatan, baik mereka yang bekerja di apotek, rumah sakit, maupun industri-industri farmasi.

7 Juni 2015 -- Biaya Pendidikan Sekolah Dasar

Biaya sekolah akhir-akhir ini semakin tinggi, termasuk biaya sekolah dasar (SD). Memang sudah ada bantuan dari pemerintah melalui beberapa program yang dicanangkan. Namun, sekolah-sekolah dasar swasta tidaklah demikian. Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yesus supaya orang-orang yang dipercaya mengelola SD-SD swasta senantiasa bijaksana dalam menetapkan biaya pendidikan sekalipun mereka harus mandiri untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran rutin sekolah. Selain itu, doakan agar mereka terus mempertahankan kualitas pendidikan sekolah. Doakan supaya Tuhan Yesus menaruh hati yang penuh kasih bagi pribadi-pribadi yang terlibat di yayasan sehingga visi dan misi mereka untuk mencerdaskan siswa-siswa sekolah dasar ini terus dikedepankan.

Tidak ada komentar: