Minggu, 01 April 2012

BULETIN DOA "OPEN DOORS" -- April 2012


BULETIN DOA "OPEN DOORS" -- April 2012

Minggu, 1 April 2012 -- Tajikistan

Pemerintah Tajikistan menetapkan peraturan baru perihal mendapatkan pendidikan agama di Tajikistan. Peraturan tersebut menetapkan bahwa setiap orang yang ingin pergi ke luar negeri untuk pendidikan agama, harus terlebih dahulu mendapatkan gelar di bidang agama dari negara. Masalahnya, tidak ada pendidikan Kristen di negara ini. Berdoalah untuk kemungkinan dibukanya sekolah bagi umat Kristen yang diakui oleh pemerintah.

Senin, 2 April 2012 -- Qatar

Teruslah berdoa agar Tuhan melindungi MBB di Qatar. Berdoa agar mereka dapat menikmati persekutuan bersama umat seiman dan pelayanan misi Tuhan dapat terus bertumbuh di gereja-gereja lokal.

Selasa, 3 April 2012 -- Pakistan

Teruslah berdoa untuk AB, ibu dari empat anak yang saat ini berada di penjara Pakistan. Bersyukur atas setiap umat Kristen yang telah mengunjunginya selama Natal. Terus berdoa untuk keadaan fisiknya dalam menghadapi setiap kekerasan di penjara. Berdoa juga agar terjadi perkembangan atas kasusnya yang hingga saat ini belum menunjukkan kemajuan berarti.

Rabu, 4 April 2012 -- Tunisia

Berdoalah untuk para pemimpin gereja di Tunisia dalam menghadapi segala tantangan dan kemungkinan penganiayaan.

Kamis, 5 April 2012 -- Bhutan

Para sukarelawan di sekolah minggu dalam gereja lokal bersemangat dan berkomitmen dalam pelayanan yang mereka pilih, meskipun jumlah mereka relatif sedikit. Para sukarelawan ini membutuhkan tempat untuk belajar dan memperoleh seperangkat keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi guru sekolah minggu. Tetaplah berdoa agar pintu terbuka dan mereka bisa diperlengkapi.

Jumat, 6 April 2012 -- Bhutan

Kekristenan dibatasi di Bhutan. Pada tingkat politik, undang-undang telah diperbarui berdasarkan peraturan agama Buddha sebagai agama utama. Praktik iman Kristen hanya dapat dilakukan di dalam rumah-rumah umat Kristen saja. Berdoalah kepada Tuhan untuk hikmat-Nya atas umat Kristen untuk menyikapi situasi ini.

Sabtu, 7 April 2012 -- Turkmenistan

Teruslah berdoa untuk setiap tahap dalam proses penerjemahan firman Tuhan ke dalam bahasa setempat. Hal ini harus melalui proses yang panjang dan dilakukan dengan penuh hikmat dan kesabaran. Teruslah berdoa untuk tim yang bertanggung jawab dalam proyek penerjemahan ini.

Minggu, 8 April 2012 -- Laos

Bersyukur untuk karya Tuhan di tengah pelayanan kaum muda di Laos. Pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan telah diperlengkapi dan diharapkan mereka dapat berkarya. Tidak hanya di gereja, tetapi di setiap area -- olahraga, hiburan, pemerintahan, ekonomi, dan pendidikan. Dengan prinsip-prinsip yang berdasar pada firman Tuhan dan kebenaran yang ditanam di hati dan pikiran para pemuda, diharapkan Injil dapat dibagikan, bahkan di tengah-tengah area yang sepertinya mustahil untuk dijangkau. Puji Tuhan untuk perkembangan ini!

Senin, 9 April 2012 -- Indonesia

Mengucap syukur atas pemulihan umat Kristen berlatar belakang agama lain, pasca letusan Gunung Bromo tahun 2011. Di bawah proyek sosial ekonomi yang dilakukan oleh Open Doors, saat ini mereka mulai bertani kubis kembali. Berdoalah kepada Tuhan, agar mereka mendapatkan hasil panen yang baik pada tahun-tahun mendatang.

Selasa, 10 April 2012 -- Kawasan Israel dan Palestina

Berdoa agar Tuhan memberikan tuntunan dan kekuatan bagi umat Kristen di West Bank. Tidak mudah menjadi pengikut Kristus di tengah negara yang mayoritas agama lain. Teruslah berdoa agar Tuhan memberikan hikmat dan perlindungan, khususnya bagi para pemimpin gereja.

Rabu, 11 April 2012 -- Myanmar

Biaya bepergian di Myanmar sangat mahal. Warga harus membayar surat rekomendasi, kartu identifikasi, dan izin hanya untuk berpindah dari satu kota ke kota lain. Bagi umat Kristen, biaya-biaya ini sering dinaikkan menjadi lebih mahal. Banyak dari mereka yang melakukan perjalanan untuk berpartisipasi dalam pelatihan pemuridan yang diselenggarakan oleh gereja. Berdoalah agar Tuhan dapat memenuhi segala keperluan dan kerinduan mereka untuk menghadiri pelatihan pemuridan tersebut.

Kamis, 12 April 2012 -- Uyghur

Teruslah berdoa bagi A, yang saat ini masih berada di penjara. Berdoalah bagi anak-anak dan istrinya, agar dapat melewati situasi ini. Berdoalah agar mereka sekeluarga dapat mengalami kasih setia dan penyertaan Tuhan dalam keadaan ini.

Jumat, 13 April 2012 -- Korea Utara

Teruslah berdoa untuk Korea Utara. Saat ini mereka sedang mempersiapkan sebuah peringatan hari jadi Kim Il Sung yang ke-100 pada tanggal 15 April 2012. Banyak orang yang tewas karena kelaparan dan ribuan umat Kristen tewas di Kamp kerja paksa. Pada saat yang bersamaan, pemerintah menghabiskan jutaan dolar untuk kemeriahan acara tersebut.

Sabtu, 14 April 2012 -- Korea Utara

Berdoa untuk para penjaga dan mata-mata, serta pihak-pihak lain yang melakukan penganiayaan atas umat Kristen di Korea Utara, agar mereka dapat menemukan kebenaran sejati dalam Kristus melalui kesaksian umat Kristen.

Minggu, 15 April 2012 -- Afganistan

Berdoa untuk umat Kristen di Afganistan, agar dapat membawa pengaruh positif bagi kelompok sosial yang memiliki kesempatan untuk menceritakan kasih setia Tuhan di tengah masyarakat.

Senin, 16 April 2012 -- Brunei

Meskipun hanya ada beberapa umat Kristen di Brunei, mereka melakukan yang terbaik untuk menjadi saksi Kristus di negara ini. Banyak dari mereka yang masih harus menutupi keberadaan mereka sebagai pengikut Kristus, tidak dapat bersekutu, serta melakukan pelatihan. Berdoalah bagi saudara-saudari kita di Brunei.

Selasa, 17 April 2012 -- Brunei

Departemen Agama mengawasi secara ketat setiap aktivitas yang dicurigai mengonversi umat M ke agama lain. Umat Kristen sangat rentan terhadap kecurigaan ini. Berdoalah agar mereka dapat menemukan cara-cara yang efektif untuk bisa mengenal Kristus melalui kesaksian umat Kristen. Selain itu, berdoalah bagi setiap pengikut Kristus agar siap berbicara tentang pengharapan yang mereka miliki dalam Kristus, saat Tuhan memanggil mereka untuk pelayanan-Nya.

Rabu, 18 April 2012 -- Maladewa

Pembatasan diberlakukan kepada pekerja imigran dan kaum ekspatriat. Mereka dilarang untuk memberitakan kekristenan. Siapa pun yang melakukannya dan bagaimana pun bentuknya, akan dihukum dan dideportasi ke negara asalnya. Berdoalah agar Roh Kudus terus memberikan perlindungan, pimpinan, dan damai sejahtera melampaui akal pikiran manusia atas umat Kristen di Maladewa.

Kamis, 19 April 2012 -- Maladewa

Maladewa adalah salah satu Negara yang memiliki tingkat perceraian tertinggi. Ada banyak anak dan pemuda yang tumbuh dengan gejolak emosional karena disfungsi dalam keluarga. Berdoalah bagi anak-anak ini agar dapat menemukan kebenaran Tuhan, sehingga mereka akan menemukan arti dan tujuan dalam hidup.

Jumat 20 April 2012 -- Turkmenistan

Berdoalah bagi pemerintah Turkmenistan. Kiranya mereka mulai terbuka dan memberikan izin bagi gereja dan organisasi-organisasi Kristen untuk berdiri serta memberikan kemudahan dalam pengajuan izin.

Sabtu, 21 April 2012 -- Bangladesh

Buta huruf terus menjadi hambatan bagi banyak umat Kristen di daerah terpencil untuk mengenal Tuhan lebih dalam. Untuk pertumbuhan rohani, mereka hanya mengandalkan khotbah mingguan dari gereja. Teruslah berdoa bagi 100 kelas yang akan diadakan di Bangladesh tahun ini. Berdoa agar kelas-kelas ini dapat membantu umat Kristen untuk dapat membaca firman Tuhan.

Minggu, 22 April 2012 -- Sri Lanka

Akibat kekurangan sumber daya finansial, pendeta dan para pekerja gereja di Sri Lanka tidak dapat membeli buku-buku yang dapat membantu mereka lebih efektif dalam pelayanan. Tahun ini, Open Doors akan mendistribusikan satu set buku untuk lulusan seminari Alkitab. Berdoalah agar proyek distribusi ini menciptakan dampak jangka panjang dalam hidup dan iman mereka.

Senin, 23 April 2012 -- Libya

Berdoa bagi mereka yang terlibat dalam proyek distribusi buku-buku ke negara ini. Kiranya mereka terus berada dalam perlindungan Tuhan.

Selasa, 24 April 2012 -- Sri Lanka

Pendeta R dari Timur Sri Lanka menghadiri Seminar SSTS Open Doors tahun 2011. Ia bersaksi: "Kami telah melalui kesulitan selama perang. Banyak pendeta lari dari pelayanan selama masa kesulitan. Banyak pendeta yang mengkhianati rekan-rekan seiman mereka. Kami telah melihat dan mengerti melalui perspektif firman Tuhan, bagaimana seharusnya kami merespons penganiayaan. Ini adalah pelajaran berharga bagi kami dalam pelayanan. Kami memuji Tuhan untuk jawaban ini." Teruslah berdoa untuk seminar SSTS di Sri Lanka, agar dapat memberkati pendeta dan hamba-hamba Tuhan lainnya.

Rabu, 25 April 2012 -- Vietnam

Mayoritas umat Kristen di Vietnam berasal dari 54 kelompok suku yang diakui pemerintah. Mereka tinggal di tempat-tempat terpencil yang sulit untuk dijangkau karena keadaan jalan yang rusak dan pengawasan dari pejabat lokal yang ketat. Terus berdoa bagi gereja di Vietnam agar menemukan cara-cara untuk dapat menjangkau umat Kristen yang hidup terisolasi.

Kamis, 26 April 2012 -- Vietnam

Program baca tulis Open Doors di Vietnam yang diselenggarakan bersama dua denominasi gereja rumah terus mengubah kehidupan banyak orang percaya. Dampak program ini membawa umat Kristen semakin aktif melayani di gereja-gereja dan komunitas mereka, bahkan membuka peluang dalam pekerjaan dan kehidupan mereka. Mereka semakin efektif menjadi saksi Kristus. Bersyukur pada Tuhan untuk program ini.

Jumat, 27 April 2012 -- Suriah

Teruslah berdoa agar Tuhan memberikan perlindungan atas gereja dan umat Kristen di Suriah. Kiranya ada kesatuan antara gereja-gereja di Suriah. Berdoa secara khusus bagi negara ini karena situasi terus memburuk akibat perang saudara. Banyak rakyat menjadi korban, terkhusus anak-anak.

Sabtu, 28 April 2012 -- Filipina Selatan

Tahun ini, Open Doors akan menyelenggarakan pelatihan untuk 20 orang yang sebagian besar para guru dan fasilitator. Mereka merupakan kontributor utama program pelatihan Alkitab Open Doors di Filipina Selatan. Berdoa agar melalui acara, para peserta diperlengkapi untuk menemukan cara-cara inovatif ketika mengajar umat Kristen dari latar belakang agama lain.

Minggu, 29 April 2012 -- Filipina Selatan

Kejahatan meningkat di kalangan pemuda Filipina karena kemiskinan dan kelalaian orang tua. Berdoalah bagi umat Kristen dalam merespons situasi ini. Berdoalah bagi mereka, agar dapat menjadi garam dan terang Tuhan di tengah lingkungan dan komunitas. Berdoa juga untuk kaum muda yang melayani bersama Open Doors, serta program anak-anak di bagian Selatan, agar semua yang terlibat terus menjadi berkat.

Senin, 30 April 2012 -- Kirgizstan

Berdoa bagi D (16 tahun) yang diserang oleh teman-teman. Mereka marah kepadanya karena kesaksian D tentang kekristenan. Mereka memukulinya sehingga mengakibatkan D mengalami gegar otak, mengancamnya, mengolok-olok, dan memaksa D menyangkal imannya. Para penyerang juga mengirim surat kepada pendeta D dan menuntut penutupan gereja. Berdoalah agar D menemukan kekuatan dalam Tuhan.

Tidak ada komentar: